Untirta, Pemda Kabupaten Serang dan Industri Urai Permasalahan Ketenagakerjaan dan Pengangguran melalui Kegiatan FGD P3TIK

Diposting pada

SERANG-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Serang dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), dalam rangka mensinergikan peran antara Pemerintah Daerah , Perguruan Tinggi dan Industri dalam upaya untuk mengurangi angka pengangguran melalui penempatan Tenaga Kerja bagi perusahaan, melaksanakankan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di Ruang Multimedia, Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, Jumat, 23 Februari 2024. Kegiatan ini bertema ‘Penempatan Pelaksanaan On The Job Training Mahasiswa Program Pendidikan & Pelatihan Teknik Industri Kimia (P3TIK) dan Penempatan Alumni P3TIK.

Hadir menemani kegiatan Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Serang Diana Ardhianty, S.H., M.M, Dekan Fakultas Teknik Untirta Prof. Dr. Jayanudin, S.T., M.Eng.-, Ketua CAB Ir. Izhar, M.M., Ketua Program P3TIK Dr. Heri Heriyanto, M.Eng.-, Ketua Presidium AMC/CMA Ferry Ferdian, S.T., dan alumni P3TIK.

Rektor Untirta menyamapaikan, P3TIK adalah salah satu program unggulan untuk kampus dalam menyiapkan SDM di bidang Teknik Kimia dan merupakan wujud dari kehadiran Untirta untuk masyarakat dan industri.

“Mahasiswa P3TIK ini telah di-‘support’ oleh industri selama kurun waktu 26 tahun dan para mahasiswa kita mampu berkompetisi di level nasional maupun internasional karena sudah ada yang berkarya di Qatar, Abu Dhabi dan negara lainnya dari hasil kegiatan ini. Kita harus terus dukung karena dari kegiatan ini telah memberikan ruang akses di wilayah Serang Barat dan Serang Timur yang memberikan kontribusi bagi pengembangan SDM di Kabupaten Serang juga dalam rangka mengimplementasikan Program MBKM,” imbuhnya.

Sementara Diana mengingkapkan, masalah ketenagakerjaan dan pengangguran adalah masalah bersama antara Pemda, perguruan tinggi dan industri. Ia menyatakan, dalam kurun waktu enam tahun tingkat pengangguran terbuka (TPT) Kabupaten Serang terbilang cukup fluktuatif sementara angkatan kerja semakin meningkat dan lapangan pekerjaan menyempit.

“Melalui pertemuanbl ini kami harapkan bisa membangun sinergitas untuk mendukung supaya pengurangan angka pengangguran di Kabupaten Serang bisa meningkatkan peluang penyerapan tenaga kerja di pasar kerja. Tenaga kerja bagaimana diharapakan bisa disampaikan dan Industri bisa menyerap tenaga kerja lulusan P3TIK,” ungkapnya.(HI/AAP)