Kelompok KKM 100 Tematik Adakan Seminar Tata Kelola BUMDes di Desa Sawarna

Diposting pada

LEBAK-Seminar tentang Tata Kelola BUMDes di Desa Sawarna merupakan bagian dari serangkaian kegiatan KKM. Program ini melibatkan kerjasama antara Kelompok KKM 100 Tematik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, KKM 96 Tematik Desa Sawarna Timur, dan KKM 98 Tematik Desa Bayah Barat. Tema yang dibawa dalam seminar ini yaitu “Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa: Meningkatkan Kesejahteraan Melalui Inovasi dan Kemitraan Lokal”. Acara ini juga disertai sambutan dari Kepala Desa Sawarna yaitu Bapak Iwa Sungkawa S.Pd, dan DPL KKM 100 yaitu Bapak Afriman Oktavianus, S.H., M.H.

Penyelenggaraan seminar tata kelola BUMDES ini melibatkan pembicara yang ahli, termasuk Prof. Dr. Rudi Zulfikar, SE., AK., M.Si., CA, seorang akademisi di bidang Dosen Magister Akuntansi Program Doktor Ilmu Akuntansi dan Guru Besar Bidang Ilmu Akuntansi Keuangan. Serta, dosen dari Jurusan Akuntansi FEB Untirta, yaitu Kurniasih Dwi Astuti S.E. Ak., M. Akt., CA. dan Nana Nofianti S.E., M.Si. Pemilihan para pembicara ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan yang berharga kepada peserta seminar. Tujuan diadakannya seminar tata kelola BUMDes di Desa Sawarna adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai tata kelola Badan Usaha Milik Desa. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mempromosikan inovasi dan kemitraan lokal guna meningkatkan kesejahteraan di tingkat desa serta memberikan wawasan yang lebih luas kepada peserta mengenai praktik terbaik dalam mengelola BUMDes. Pada kesempatan ini narasumber membawakan materi dengan dihadiri oleh peserta Aparat Desa, Anggota BUMDes, serta Karang Taruna. Pemanfaatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Desa Sawarna, sebagai destinasi pariwisata, memiliki peran penting dalam mengelola, memberdayakan ekonomi masyarakat, menyediakan sumber dana untuk pengembangan pariwisata, dan melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan, sehingga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan lokal.

Pembahasan yang disampaikan dalam seminar tersebut melibatkan aspek-aspek penting seperti format Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) BUMDes dan metode efektif dalam mengelola usaha, memberikan peserta wawasan yang mendalam tentang tata kelola dan manajemen yang optimal dalam Badan Usaha Milik Desa.(KKM100/Humas)