Promosi Doktor Ilmu Akuntansi Dirvi Surya Abbas menjadi lulusan Doktor Pertama Ilmu Akutansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Diposting pada

Jumat, 2 Februari 2024, telah berlangsung sidang terbuka Promosi Doktor Program Doktor Ilmu Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Dirvi Surya Abbas menjadi lulusan doktor pertama dalam ilmu Akuntansi di FEB Untirta, menandai sebuah prestasi luar biasa.

Sidang ini dipimpin oleh Prof. Dr. Tubagus Ismail, SE.,MM.,Ak.,CA.,CMA.,CPA, dengan penguji tamu Prof. dr. Amilin, SE.,Ak.,M.Si.,CA.,QIA.,BKP.,CRMP., dan penguji internal seperti Dr. Muhammad Taqi, SE.,M.Si.,Ak.,CA.,ACPA., Dr. E.Munawar Muchlish, Se.,M.Si.,Ak.,CA.,ACPA., Dr. Windu Mulyasari, SE.,Ak.,M.Si., dan Dr.Helmi Yazid, SE.,AK.,M.Si.,CA.,CPA.,ASEAN.,CPA. sebagai Co-Promotor.

Dirvi Surya Abbas berhasil meraih gelar Doktor dengan disertasi berjudul “Pengaruh Philanthropic CSR, Sustainability Report, Community Development Cost, Media Sustainability, dan Financial Distress Terhadap Opini Audit Going-Concern Dengan Komite Audit Sebagai Pemoderasi Serta Dampaknya Terhadap Return Saham.”

Dalam penelitiannya, Dirvi menyampaikan latar belakang terkait skandal perusahaan vaksin di China yang memengaruhi citra perusahaan secara signifikan dan menggunakan teori agensi dan signaling untuk merinci temuannya.
“Munculnya skandal perusahaan penghasil vaksin di china, yang secara signifikan memoengaruhi citra perusahaa. sehingga, nilai pasar emiten tersebut menyusut dengan cepat dan akhirnya terpaksa delisting.”
“ saya menggunakan teori agensi dan signaling. Jika hasil nya memang berpengaruh signifikan saya menggunakan teori agensi dan jika hasil nya tidak signifikan maka yang saya gunakan adalah teori signaling.” Jelasnya

Dr. Helmi menyampaikan pertanyaan terkait kendala selama menempuh pendidikan S3 di Pendidikan Doktor Akutansi “ apa kendala promovendus selama menempuh pendidikan S3 di PDA.”

sementara Prof. Tubagus Ismail menanyakan pendapat Dirvi mengenai Pinjol, financial distress, dan going concern di perusahaan, mahasiswa, serta keluarga.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof.Dr. Tubagus Ismail, SE.,MM.,Ak.,CA.,CMA.,CPA menuturkan, setelah memperhitungkan disertasi yang dikerjakan oleh promovendus maka promovendus berhak mendapatkan gelar Doktor Dengan Pujian atau cumlaude.

“Kami memutuskan bahwa dengan ini pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas sultan ageng tirtayasa bersadarkan rekomendasi dari tim penguji kami menyatakan Dirvi Surya Abbas telah menyelesaikan dengan baik dengan ipk 3.91 lulus dan Cumlaude pada 2 Februari tahun 2024. Sehubungan dengan ini Tim pembimbing desertasi Dr.Dirvi Surya Abbas layak dan ilmiah dapat di pertanggung jawabkan secara akademik sebagai salah satu lulusan Doktor Akutansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng”.

Dr.Dirvi resmi lulus dan mendapat pengakuan akademis sebagai lulusan Doktor Akuntansi di FEB Untirta.
(RMU/AAP)