Pusat UTBK Untirta Belum Temukan Tindak Pelanggaran

Diposting pada

SERANG – Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) pada Kamis (25/5) menjadi UTBK Gelombang II yang terakhir diselenggarakan di Pusat UTBK Untirta Kampus Sindangsari. Selanjutnya, UTBK-SNBT Gelombang II di Pusat UTBK Untirta akan dilaksanakan di kampus mitra Untirta, yakni Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada Jum’at – Minggu, 26-28 Mei 2023 untuk memfasilitasi peserta yang berdomisili di Tangerang dan sekitarnya.

“Beberapa PTN yang lain sebagian sudah selesai, tetapi kita masih menyelenggarakan ujian sampai hari Minggu di Universitas Multimedia Nusantara karena ternyata masih ada peserta yang berdomisi di wilayah Tangerang dan sekitarnya yang tidak memungkinkan berangkat ke Serang,” jelas Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset, Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si.

Agus pun menerangkan bahwa jumlah peserta UTBK Gelombang II lebih sedikit dibandingkan dengan Gelombang I, yakni hanya 88 peserta. “Terkait dengan UTBK Gelombang II memang ada sedikit perbedaan dengan yang Gelombang pertama, terutama dari segi jumlah peserta yang relatif lebih sedikit,” ujarnya.

Agus berharap UTBK Gelombang II di Pusat UTBK Untirta dapat terlaksana dengan kondusif tanpa tindak pelanggaran hingga hari terakhir pelaksanaan. Agus menilai pengawasan yang optimal di Pusat UTBK Untirta, salah satunya melalui penggunaan metal detector mampu mengantisipasi terjadinya kecurangan yang beberapa kali dilaporkan terjadi di Pusat UTBK lain.

“Di Untirta alhamdulillah tidak ada. Bukan dalam arti di Untirta tidak ketat, tetapi di Untirta sudah menggunakan peralatan metal detector. Dua tahun terakhir kemarin kan ada yang tertangkap. Mungkin para peserta sudah mendapat gambaran dari tahun sebelumnya bahwa Untirta sudah ketat pengawasannya, sehingga mereka tidak ingin berkorban untuk gagal,” ucapnya. (SAC/ AAP/ VDF)