Jadi Tuan Rumah Kompetisi Debat Nasional NUDC dan KDMI, Untirta-BPTI Adakan Koordinasi

Diposting pada

Siaran Pers Nomor : B/ 40/ UN43.8/HM.00.06 /2023

SERANG – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menerima kunjungan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam rangka koordinasi dan visitasi mitra tuan rumah penyelenggaraan National University Debating Championship (NUDC) dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tahun 2023 pada Selasa, (21/2/2023) di Ruang Rapat Lantai 4 Gedung Rektorat Kampus Untirta Sindangsari. BPTI juga meninjau lokasi, fasilitas, dan sarana yang tersedia di Untirta untuk menunjang pelaksanaan kompetisi.

Untirta bersedia menjadi tuan rumah penyelenggaraan NUDC dan KDMI, kompetisi debat antarperguruan tinggi berskala nasional. “Kami senang mendengar kabar bahwa ada potensi Untirta untuk menjadi kandidat tuan rumah NUDC dan KDMI. Walaupun belum berkesempatan menjadi tuan rumah, tetapi kita pernah menjadi juara nasional debat hukum dengan UI. Artinya, banyak talenta di Untirta,” tutur Rektor.

Sub Koordinator Minat, Bakat, Penalaran, dan Prestasi, Yayan S Ryan, SE., MM, mengungkapkan bahwa Untirta pernah mengajukan diri sebagai tuan rumah kompetisi nasional lainnya. Namun, penyelenggaraan kompetisi tersebut telah dikelola oleh perguruan tinggi lain. “Masih ada dua slot kejuaraan nasional, yaitu NUDC dan KDMI. Pak Rektor dan Pak WR 3 sudah sepakat menjadi tuan rumah NUDC pada bulan Juli dan KDMI pada bulan September,” ujarnya.

Koordinator Kemitraan BPTI Rizal Alfian, S.Kom., M.A memaparkan berbagai kategori dan jenis ajang talenta, tahapan umum penyelenggaraan ajang talenta, dan pola kerja sama ajang talenta. Ia menjelaskan bahwa penyediaan materi lomba; koordinasi lomba; bahan sosialisasi dan publikasi lomba; panitia pusat dan juri; transportasi, akomodasi, konsumsi, dan honor panitia pusat dan juri; serta hadiah dan sertifikat pemenang menjadi tanggung jawab BPTI. Sementara itu, Untirta sebagai tuan rumah akan bertanggung jawab dalam penyediaan sarana dan prasarana lomba; panitia lokal; akomodasi, transportasi, dan konsumsi panitia lokal; transportasi bagi peserta dan panitia lomba; seremoni pembukaan dan penutupan; publikasi ke media; merchandise Ajang Talenta; dan hadiah tambahan pemenang lomba.

Untirta akan mulai mempersiapkan penyelenggaraan NUDC dan KDMI dengan mensosialisasikan penyelenggaraan kompetisi nasional tersebut ke seluruh kampus di Indonesia. “Kita laksanakan sosialisasi dulu di tingkat nasional. Rencananya pada tanggal 6-7 Maret ke seluruh kampus yang ada di Indonesia secara online,” pungkas Rian.

Audiensi turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Suherna, SP., M. Si; Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan Tb. Bahtera R., S.E, M.Si; Subkoordinator Kemitraan BPTI Riana Yanti; Koordinator Perencanaan BPTI Nugroho Eko Prasetyo; Bendahara Pembantu Pengeluaran BPTI Abdul Kholik; anggota BPTI Farah Fitriana dan Saerudin; Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Bagian Humas dan Kerja Sama, PKM Center, para Ketua Jurusan, serta para dosen fakultas di lingkungan Untirta. (SAC/ AAP/ VDF)

Kantor Humas Untirta, Jalan Raya Palka Km. 3 Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Hotline Humas Untirta: +62 822-9897-9737