Pendaftaran Dibuka Hari Ini, Panitia SNBP Sosialisasikan Mekanisme Pendaftaran SNBP Tahun 2023

Diposting pada

Siaran Pers Nomor : B/ 34/ UN43.8/HM.00.06 /2023

SERANG – Jelang pembukaan pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) pada hari ini, Selasa, 14 Februari 2023 pukul 15.00 WIB, Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) menggelar Sosialisasi Daring Mekanisme Pendaftaran SNBP Tahun 2023 yang disiarkan melalui Instagram, YouTube, dan Zoom tersebut. Melalui sosialisasi ini, dipaparkan lebih dalam mekanisme dan tata cara pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Tahun 2023 melalui portal resmi https://snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Hanya siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah yang diperkenankan untuk mendaftarkan diri melalui jalur SNBP. Kendati demikian, persaingan dalam memperebutkan bangku di program studi dan perguruan tinggi yang dituju tidak dapat diremehkan seiring dengan peningkatan jumlah siswa eligible dari tahun sebelumnya. Menurut Rektor ITS, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M. Eng. selaku Ketua Umum SNPMB, jumlah siswa yang dinyatakan eligible mencapai lebih dari 867 ribu siswa.

Ketua Pelaksana Eksekutif SNPMB, Budi Prasetyo menyatakan bahwa siswa eligible dapat mendaftarkan diri pada satu atau dua program studi di perguruan tinggi yang berbeda, dengan syarat salah satu perguruan tinggi yang dituju haruslah berada di provinsi yang sama dengan asal sekolah. “Kalau memilih 2 prodi, syaratnya adalah salah satunya harus memilih prodi yang perguruan tingginya di provinsi yang sama dengan asal sekolahnya. Tapi kalau memilih hanya satu prodi, itu bebas boleh mendaftar dimana pun,” jelasnya.

Adapun daftar Perguruan Tinggi Negeri beserta daya tampung tiap-tiap prodi tahun 2023 dan jumlah peminat tahun 2022 dapat diakses melalui www.sidata-ptn-snpmb-bppp.kemdikbud.go.id sebagai bahan pertimbangan siswa sebelum menentukan pilihan.

“Yang sekarang bisa dilakukan adalah berdoa dan minta restu ke orangtua. Nanti tanggal 28 diumumkan. Untuk anda yang lolos, silakan untuk menggali info registrasi di institusi yang Anda pilih. Untuk Anda yang belum berhasil, tidak perlu berkecil hati. Ada banyak jalur untuk masuk PTN,” pesan Ashari.

Siswa yang mengalami kendala selama proses pendaftaran dapat menghubungi call center SNPMB (08041450450) atau Help Desk (https://halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id). (SAC/ AAP/ VDF)

Kantor Humas Untirta, Jalan Raya Palka Km. 3 Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Hotline Humas Untirta: +62 822-9897-9737