Guru Bimbingan Konseling se-Banten Ikuti Sosialisasi SNPMB Tahun 2023

Diposting pada

Siaran Pers Nomor : B/ 20/ UN43.8/HM.00.06 /2023

 Serang-Momen Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) tahun 2023 akan kembali bergulir dalam beberapa hari ke depan. Untirta yang diwakili oleh tim Sosialisasi dan Promosi SNPMB telah melakukan sosialisasi ke sekioah-sekolah di berbagai daerah di Banten seperti Cilegon, Serang, Pandeglang, Lebak dan Tangerang.

Selain ke berbagai daerah, sosialisasi SNPMB juga dilaksanakan di kalangan guru Bimbingan Konseling (BK) di seluruh Provinsi Banten yang berjumlah 125 guru. Sosialisasi pada guru BK dilaksanakan pada Kamis (26/1/2023), di Auditorium Kampus Untirta, Sindangari, Kabupaten Serang. Sosialisasi PMB ini meliputi Seleksi nasional Penerimaan mahasiswa baru (SNPMB) Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Mandiri dan informasi tentang beasiswa KIP-Kuliah

Hadir dalam kegiatan ini Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T.; Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos.; M.Si., Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan ( BAKP) Untirta; Tb Bahtera Rohimudin, S.E., M.Si.; Kepala UPP PMB Untirta Tri Cahyono, M.M.; perwakilan Dindikbud Banten, Kanwil Kemenag Banten, Koordinator Kerja Sama dan Humas Veronika Dian Faradisa, S.E., M.M.; Subkoordinator Humas dan Protokol Adhitya Angga Pratama, M.I.Kom.; Sub Koordinator Kelompok JF Informasi, Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni Gina Fithria, S.Pd.; Sub Koordinator Kelompok JF Minat, Bakat, Penalaran dan Prestasi Yayan S Ryan, SE., M.M., dan staf.
Rektor Untirta mengatakan, masyarakat jangan sampai terjerumus kepada oknum yang mengatasnamakan orang yang bisa memasukkan anaknya ke perguruan tinggi. Maka dari itu, infomasi terkait PMB harus gencar dilakukan sehingga para siswa yang berniat masuk ke PTN bisa berkompetensi secara sehat.

“Tentu nanti PMB dan Untirta akan menjelaskan secara detail prinsip-prinsi soal PMB ini. Mohon dicermati dan disimak dan seluruh sivitas pun akan memberikan akses dan peluang bagi semua siswa yang berperstasi untuk bergabung sebagai sivitas akademika Untirta,” jelas Rektor.

Sementara Tri Cahyono mengungkapkan, sebelum tes siswa harus dipastikan memiliki pilihan yang tepat pada jurusannya. “Saya berharap para guru untuk meyakinkan pilihan prodi karena selama saya sosialisasi PMB banyak yang bingung mau pilih prodi yang mana. Silakan dibantu siswanya dalam memilih prodi karena kalau lulus dan tidak diambil jurusan yang terlanjur dipilih itu tidak akan bisa mengikuti tes selanjutnya (SNBT-red). Pastikan jurusan yang dipilih itu dari keinginan siswanya sendiri,” ungkapnya.

Guru BK Anita Suciati dari SMAN 1 Pamarayan mengatakan informasi yang diberikan akurat dan informasi yang diterima sesuai dengan apa yang dibutuhkan sekolahnya. “Untuk tes jalur prestasi ini ada 70 orang yang mendaftar dari sekolah kami. Ada yang daftar ke FKIP, FISIP, FEB dan Insaa Allah kita juga arahkan untuk seluruh jurusan daftarnya agar tidak menumpuk di satu jurusan. Semoga SMAN 1 Pamarayan banyak diterima di Untirta,” katanya.(HI/TMA/AAP/VDF)

 

 

Kantor Humas Untirta, Jalan Raya Palka Km. 3 Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Hotline Humas Untirta: +62 822-9897-9737