Untirta Lakukan Pelatihan Penguatan Monev bagi Reviewer PPM Internal

Diposting pada

Serang-Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengadakan kegiatan workshop reviewer usulan proposal Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) Internal Untirta pendanaan tahun 2023, di Ruang Multimedia, Kampus Untirta Sindangsari, Kabupaten Serang, Rabu (21/12/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh para Koorpus, para dosen/peneliti di lingkungan Untirta.

Ketua LPPM Untirta Dr. Rusmana, Ir. M.P., mengatakan, kegiatan ini merupakan penguatan bagi para reviewer dalam monitoring evaluasi (monev) penelitian di Untirta.”Sebetulnya prioritas program atau yang utama dari sekian banyak program itu adalah tata kelola PPM internal kenapa demikian karena Pak Rektor memberi arahan potensi besar itu ada di dosen, 700 sampai 800-án dosen dan juga pendanaan yang memang ke depan betul-betul selain dipenuhi 15 persen akan juga memberi berbagai motivasi untuk pengembangan’(penelitian-red),” katanya.

Para peneliti di Untirta dari sekian jumlah dosen diharapkan memiliki penelitian dengan standar yang dinamis. Hal ini berlaku bukan hanya pengelola saja termasuk untuk para pengusulnya.

“Kalau penelitian ada yang kurang layak jangan mikir banyak tulis alasannya di form itu bahwa penelitian itu memang kurang layak. Kami berharap bertumpu pada Ibu/Bapak ini karena apa, sebab ini merupakan bagian untuk memperbaiki kekurangan di komponen pengusul. Jangan menyalahkan tapi kita memperbaiki kekurangan. Di tiap pengusul nanti ada pembelajaran juga,”ujarnya.

Sekretaris LPPM Untirta Prof. Yeyen Maryana, Dra., M.Si., menjelaskan, terkait dengan panduan atau jenis penelitian tidak jauh dari apa yanga da di Simlitabmas di antaranya seperti rujukan dari RIRN (Kompetitif Nasional) yang diseleksi oleh DRPM.

“Tahun ini ada perbedaan atau tambahan skema terutama di skema penelitian yaitu penelitian kerja sama PTN luar negeri dan kolaborasi BKS PTN Barat. Mohon dicermati juga untuk Penelitian Unggulan Untirta Smart and Green dan Ketahanan Pangan adalah yang selalu ditekankan,”jelasnya.(HI/AAP/VDF)