Untirta Ajak Mahasiswa Inbound PMM Pelajari Sejarah di Museum Multatuli

Diposting pada

Mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengunjungi Museum Multatuli yang terletak di Rangkas Bitung, Lebak, Banten pada Minggu, (9/10/2022). Kunjungan ini dilaksanakan oleh Kelompok 13 yang didampingi oleh mentor dan Dosen Pendamping, Mira Maulani Utami, SE.,MM sebagai bagian dari aktivitas Modul Nusantara yang rutin dilaksanakan setiap minggunya.

Kunjungan ini disambut hangat oleh Ubadillah Muhtar atau Ubay selaku Kepala Museum Multatuli. “Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari mahasiswa/i yang berasal dari sabang-merauke dan disatukan dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka,semoga dengan adanya kegiatan ini mahasiswa/i dapat meneladani sifat dari seorang Multatuli dan berperan lebih aktif bagi kemajuan bangsa dan negara.” Ucapnya.

Pada kunjungan ini, mahasiswa memperoleh wawasan mengenai sejarah berdirinya museum.  “Sikap setengah hati tidak akan menghasilkan apa-apa, setengah baik berarti tidak baik, setengah benar berarti tidak benar.” Kutip Ubay mengawali pemaparannya. Dirinya menjelaskan bahwa museum yang sebelumnya difungsikan sebagai kantor KPUD tersebut diresmikan pada tahun 2018.

Tak hanya itu, mahasiswa PMM pun diajak berkeliling museum untuk melihat berbagai peninggalan sejarah, mulai dari buku, prasasti, hingga benda peninggalan lainnya. Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan doorprize dari Museum Multatuli dan dosen pendamping berupa tas dan E-Money kepada mahasiswa PMM yang bisa menjawab pertanyaan. (SAC/ AAP/ VDF)