Tsabat Muhammad Abdillah Mahasiswa FT Untirta Dilepas Ke Irlandia Ikuti Awardee IISMA 2022 

Diposting pada

Jakarta-Lima Belas Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia telah lolos seleksi Program IISMA 2022. Satu diantaranya adalah Tsabat Muhammad Abdillah, mahasiswa Fakultas Teknik Untirta dari Jurusan Teknik Metalurgi siap mengikuti program pertukaran mahasiswa ke luar negeri melalui Bandara Soekarno Hatta bertolak menuju Irlandia pada Sabtu malam pukul 18.30 WIB. Tsabat dan 14 orang mahasiswa lainnya dilepas langsung oleh Ketua Pelaksana Program IISMA 2022, Rachmat Sriwijaya. Pelepasan dilakukan melalui virtual zoom, Sabtu 3 September 2022 dihadiri oleh Kepala Kantor Internasional Office dari 15 Perguruan Tinggi dan perwakilan orang tua mahasiswa. Mahasiswa yang mengikuti program pertukaran mahasiswa keluar negeri ini telah dibekali pengetahuan dan berbagai persiapan lainnya oleh Kemendikbudristek .

Dalam sambutannya Rachmat mengucapkan selamat dan sukses kepada peserta yang telah lolos seleksi program IISMA dan selamat jalan semoga selamat sampai tujuan, dapat menjalankan program IISMA ini dengan baik dan lancar hingga selesai.

Mereka yang terpilih merupakan duta bangsa. Mengingatkan peserta diminta saling menjaga dengan peserta lainnya dan menjalin koordinasi dan komunikasi selama di negeri orang. Menjaga harkat dan martabat bangsa, ada etika dan norma dengan adanya perbedaan budaya, harus pandai beradaptasi. Diminta patuh mengikuti program dan adminsitrasi yang harus dipenuhi sehingga program IISMA  selama satu semester berjalan dengan lancar.(3/9)

Senada Holis Abdul Holik dari KUI UNPAD menyampaikan pesan, merasa haru dan bangga bahwa peserta yang terpilih mengikuti Program IISMA 2022 adalah duta bangsa. Diharapkan dapat melaksanakan tugas negara ini dengan sebaik-baiknya. Mendapatkan ilmu dan pengalaman yang tidak terlupakan. Membawa nama baik dan dengan adanya program ini diharapkan nama Indonesia diakui kebesarannya oleh bangsa lain.

Perwakilan dari orang tua peserta turut hadur mengucapkan terima kasih kepada Kemdikbudristek dan semua pihak yang telah membantu proses penyelenggaraan Program IISMA hingga peserta diberangkatkan. Karena dengan adanya program ini memberikan kesempatan kepada putera-puteri terbaik bangsa untuk memperkenalkan budaya sekaligus harus mampu berdaptasi dengan budaya negara lain. Menjaga solidaritas dan persaudaraan dan semoga ilmu dan pengalaman berharga yang bisa ditularkan dan membawa dampak positif bagi teman-teman yang ada di Indonesia. Dirinya tidak merasa khawatir sebab selama disana ada orang tua ( Education in Ireland ) Miranda Hough yang membimbing dan mendampingi peserta selama hingga program selesai.

Tsabat bersyukur dapat terpilih sebagai peserta bagian dari Program IISMA 2022. Tidak mudah bagi Tsabat meraih perjuangan untuk ikut seleksi program IISMA bersaing ketat dengan mahasiswa hebat lainnya dari berbagai perguruan tinggi. Untirta bangga atas pencapaian ini. Selamat jalan semoga lancar dan sukses ( VDF)