Lima Prodi di Untirta Ditargetkan Lolos Akreditasi Internasional

Diposting pada

Serang-Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) terus berbenah dalam rangka menuju kampus dunia atau populer disebut global competition. Berbagai upaya dilakukan salah satunya adalah dengan mengajukan akreditasi bertaraf internasional untuk beberapa program studi (prodi) kepada Foundation For International Business Administration Accreditation (FIBAA) yang berpusat di Eropa. Mengenai hal ini, Untirta melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) untuk tahap pertama mengajukan lima prodi di antaranya Administrasi Publik (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Ekonomi Pembangunan dan Akuntansi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) serta Pendidikan Matematika dan Bahasa Inggris (Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Menurut Ketua LP3M Untirta Prof. Dr. Eng. A. Ali Alhamidi, S.T., M.T., pengajuan akreditasi internasional ini adalah keniscayaan untuk menjadikan Untirta berkelas dunia tapi juga sebagai amanat loan IsDB serta pemenuhan ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU 8) terkait prodi yang terakreditasi internasional.

“Dalam beberapa kesempatan Bapak Rektor juga menyampaikan kehadiran akreditasi yang unggul dan internasional menjadi poin penting dalam mendorong untirta menjadi PTNBH. Adapun Bimtek tiga hari ini, diawali dengan penyusunan kurikulum berbasis OBE (Outcome Based Education) yang menjadi pintu masuk utama dalam menilai kelayakan prodi untuk dilakukan proses asesment oleh asesor dan kemudian alan dilanjutkan workshop lanjutan seperti penyusunan Self Evaluation Report (SER) dan pemenuhan berbagai dokumen yamg diperlukan oleh FIBAA. Sesuai schedule yang direncanakan registrasi diharapkan bulan Agustus dan November penyusunan SER, Januari visitasi dan diharapkan Maret sudah ada hasil. Tentu semua ini akan berjalan sesuai rencana bergantung pada kerja tim prodi serta dukungan dan doa seluruh elemen sivitas akademika Untirta untuk Untirta JAWARA,” jelasnya saat ditemui di ruangannya, di Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, Selasa (12/7/2022).

Prof. Ali pun meminta doa dan dukungannya dari seluruh sivitas akademika Untirta agar proses ini berjalan lancar dan Untirta pun semakin maju dan apa yang dicita-citakan bisa terwujud dalam waktu dekat.

Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., optimis dengan langkah yang ditempuh ini dan ke depan ia menargetkan minimal ada dua prodi yang berakreditasi internasional di setiap fakultas. “Saya kira agenda pada workshop ini adalah soal penyiapan pengisian format akreditasi internasional termasuk OBE yang menjadi kriteria dalam akreditasi internasional. Pada pengerjaannya yang melibatkan dosen-dosen muda ini saya lihat sangat menjanjikan. Mudah-mudahan ritmenya bisa terus dijaga. Tetap semangat, jaga kesehatan dan motivasi harus terus dikobarkan para JAWARA muda,” tegasnya.(HI/AAP/VDF)