Untirta Terima Sertifikat Tanah Hibah dari Pemkab Pandeglang

Diposting pada

Pandeglang–Untirta secara resmi telah mendapatkan sertifikat tanah hibah dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang yang diserahkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pandeglang, Rabu (16/2/2022), di Ruang Rapat Kantor BPN Pandeglang.  Pada penyerahan sertifikat tanah tersebut, hadir Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas, H. Kurnia Nugraha, ST., MT., Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri, Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd., Kabiro BUKK Deden Hery Hermawan, S.E., M.M., Kepala BPN Pandeglang Suraji beserta jajarannya.

Kepala BPN Pandeglang, Suraji mengatakan, bersyukur tanah hibah ini dapat diterima Untirta. Ia beralasan karena dengan dikembangkannya lahan oleh pihak perguruan tinggi, maka besar harapannya untuk mampu memajukan pembangunan yang ada di sekitarnya.

“Kalau tidak diambil oleh Untirta sayang, karena kapan lagi di Pandeglang ada universitas negeri (yang mengelola-red). Saya bilang ini kesempatan, belum tentu muncul dua kali. Jadi saya ke Pak Kades juga bilang, ayo kita bangun desa kita,” katanya di sela kegiatan.

Di sisi lain, Rektor Untirta menuturkan, berterima kasih kepada Pemkab Pandeglang karena dengan dihibahkannya tanah tersebut ke Untirta, maka kampus pun bisa leluasa dalam mengembangkan riset dalam bidang pertanian. Menurutnya, ini adalah komitmen dari Pemkab Pandeglang dalam pemberian hibah tahap satu bagi pengembangan Untirta di pandeglang.

“Ya kita proses kepemilikannya, dibantu BPN Pandeglang jadi tanah itu sudah resmi pindah kepemilikan dari Pemkab Pandeglang ke Untirta untuk tahap pertama seluas 6,88 hektare,” tutur Rektor Untirta.

Rektor Untirta menjelaskan, tanah hibah tersebut akan disiapkan untuk pengembangan laboratorium percobaan dalam bidang pertanian, kampus Untirta di Pandeglang yang dimungkinkan berupa vokasi pertanian dan lain sebagainya.

Sebelumnya, Untirta dan Pemkab Pandeglang telah menandatangani MoU terkait hibah tanah bertepatan dengan Dies Natalis Untirta ke-40 pada 1 Oktober 2021. Penandatanganan MoU ini juga disaksikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir untuk kepentingan pendidikan Untirta yang berlokasi di Desa Kadu Ela, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang. (HI/TbMA/AAP/VDF/RJ).