1000-an Wisudawan Untirta di Wisuda Secara Hybrid

Diposting pada

Serang, (27/03/2021) – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menggelar perhelatan wisuda secara hybrid (daring dan luring) pada sabtu (26/03) bertempat di Gedung Auditorium . Pelaksanaan wisuda secara hybrid ini pertama kalinya dilakukan oleh pihak kampus semenjak setelah diresmikannya kampus baru Untirta di Sindangsari oleh Presiden RI Joko Widodo. Koordinator Humas Protokol dan Kerjasama Untirta, Veronica Dian Faradisa, MM menjelaskan wisuda hybrid hadir sebagai solusi layanan akademik ditengah pandemi yang masih belum selesai . “ditengah wabah covid 19 ini Untirta terus melakukan inovasi inovasi layanan akademik salah satunya dengan menciptakan wisuda hybrid ini. Wisuda dengan sistem daring dan luring ini memang baru pertama kalinya kami lakukan, secara sistem insya allah kita sudah siap dan hal ini tentunya patut mendapat apresiasi” ujarnya. Lebih lanjut Dian menyampaikan jumlah total yang mengikuti wisuda hybrid ini berjumlah 1078 wisudawan. Dari jumlah tersebut yang diundang untuk off line hanya 145 wisudawan sisanya sebesar 933 wisudawan. “tentunya jumlah yang mengikuti secara luring lebih sedikit sekitar 13 persenan dari jumlah keseluruhan wisudawan dan pastinya kita juga menerapkan prokes yang sangat ketat, para wisudawan luring harus tes swab antigen, PCR, dan Genose terlebih dahulu begitu pula dengan panitia dan seluruh pendukung kegiatan wisuda”.tambahnya. Masih menurut Dian, wisuda hybrid kali ini sangat special, hal ini dikarenakan Bapak Heldy Agustian yang kini menjabat walikota cilegon menjadi wisudawan bersamaan dengan Bapak Asep Abdullah Busro tim pengacara Gubernur Banten yang juga Ketua Ikatan Alumni Untirta. Keduanya menjadi wisudawan pascasarjana Untirta program studi ilmu hukum.

Sementara itu Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, MT dalam pidato singkatnya menyampaikan trend positif perkembangan Untirta sebagai perguruan tinggi negeri di Banten.  “beberapa prodi kita sudah banyak mendapatkan akreditasi unggul A dan masuk 20 besar terketat persaingannya secara nasional dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2021. Ini adalah suatu kebanggaan  untuk kita khususnya masyarakat banten sekaligus bukti bahwa untirta semakin berkualitas dan berkelas”. katanya. Dalam kesempatan itu Prof Fatah juga menyampaikan meningkatnya kualitas Untirta tidak terlepas dari faktor pendukung dosen dengan gelar doktor yang terus bertambah baik lulusan dari dalam negeri maupun dosen yang lulusan dari luar negeri. Bukan hanya itu Untirta pun memiliki Guru Besar yang baru yakni Prof. Dr. H. Agus Ismaya H, SE., SH., M.Si. Disisi lain Kegiatan kegiatan yang dilaksanakan oleh dosen telah banyak berkolaborasi dan melibatkan banyak universitas ternama luar negeri. Begitu pun Prestasi mahasiswa untirta boleh dibilang sangat membanggakan salah satunya dengan diraihnya gold medals dalam turkey competition.

Masih dalam sambutan rektor, beliau  menambahkan sebagai bukti dukungan Untirta kepada pemerintah pusat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid 19, Untirta menjadi perguruan tinggi yang pertama yang telah melaksanakan vaksinasi hingga dua tahap. Seluruh dosen dan staf tenaga kependididkan telah selesai di vaksinasi pada tanggal 23 Maret 2021. Rektor pun dengan berbangga hati menceritakan untirta kini telah banyak dikenal luas oleh publik semenjak diresmikannya kampus baru Untirta di Sindang sari oleh Presiden RI dan juga Untirta menjadi tempat penyelenggaraan Temu Rektor PTN Wilayah Barat.

Dalam kesempatan yang sama, dibalik kesuksesan dan kemajuan Untirta saat ini Rektor pun tidak lupa mengucap syukur dan berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi positif terhadap perkembangan Untrirta. Terutama bagi dosen dan tenaga kependidikan yang telah berpulang terlebih dahulu yakni Alm. Herudin, ST., MT., (alm). Drs. Pupun Sampurna, M.Pd. (alm). Dr. Aan Khurosani, MM., yang anaknya hadir sebagai wisudawati hari ini, (alm). Agus Heryanto, S.E., dan (alm). Abdul Hamid, Ph.D. “semoga pengabdian dan amal ibadah serta dedikasih tulus mereka diberikan tempat yang terbaik disisi Allah SWT.” tutur rektor. (RDB)