MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH UNTIRTA BERKUNJUNG KE PUSAT BELAJAR DAN KEBUDAYAAN AMERIKA

Diposting pada

Jakarta, 17 Oktober 2019 – Mahasiswa Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa berkunjung ke Pusat Belajar dan Kebudayaan Amerika atau yang sering disebut At America di Jakarta. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari proses pembelajaran pada Matakuliah Sejarah Amerika. Pada kunjungan tersebut dilakukan dua kegiatan, yakni ; (1) menyimak presentasi dan diskusi dari akademisi Amerika tentang Cyber Higienis dan Tantangannya, (2) menonton film Dampak Ketidaksadaran Bias. Presentasi dipaparkan oleh Jason Ahli Cyber berkebangsaan Amerika, sedangkan film Dampak Ketidaksadaran Bias dibahas dalam diskusi yang dipaparkan oleh D. A. Abrams Penulis Buku Diversty and Inclusion : The Big Six Formula For Success dan Monica Devina Perempuan Aktivist Social Media.

Selain berdiskusi dan menonton film, mahasiswa melihat ruang belajar multidimensi, perpustakaan, pojok studi di Amerika, informasi tokoh-tokoh pendiri Amerika serta tokoh-tokoh pejuang demokrasi, hak-hak wanita, keadilan social, dan keadilan rasial.

Ilham Gilang, Dosen Sejarah Amerika yang menjadi pembimbing kunjungan mengatakan, tujuan kunjungan ini agar mahasiswa yang memiliki pengalaman belajar dengan langsung melihat secara visual bagaimana sejarah, perkembangan, dan isu-isu terkini yang mengemuka di Amerika. Setelah Ujian Tengah Semester, mahasiswa pengampu Sejarah Amerika yang sudah mendalami sejarah amerika harus memperkaya pengetahuan yang didapatkan di kelas dengan parktik langsung ke Pusat Belajar dan Kabudayaan Amerika.

Akhirnya, kunjungan tersebut dapat memberi pengalaman berharga bagi pengembangan keilmuan Sejarah Amerika dan memberi pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk berani mengemukakan pendapat dengan akademisi dari luar negeri, serta memperkuat mental untuk berani berinteraksi dengan akademisi luar negeri untuk menjadi Sumber Daya Manusia Yang Unggul.