Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

FISIP Untirta Selenggarakan Kuliah Umum Bagi Mahasiswa/i Barunya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyelenggarakan Kuliah Umum bagi Mahasiswa/i barunya yang bertempat di Lantai 3 Gedung B Ruang Auditorium Kampus Pakupatan Serang Banten.

Kuliah umum bertemakan Komunikasi Politik Luar Negeri Indonesia di Era Pemerintahan Jokowi, yang bernarasumber Fikry Cassidy selaku Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) dan Yearry Panji, Ph.D yang merupakan Akademisi dari FISIP Untirta serta dimoderatori oleh Dr. Rd. Nia Kania, M.Si. Menurut keterangan dari Dr. Ipah Ema Jumiati, S.IP, M.Si selaku Ketua Pelaksana kegiatan ini merupakan bentuk dari pengenalan awal dunia perkuliahan setelah masa orientasi mahasiswa baru, bertujuan untuk menanamkan pendidikan karakter yang positif seperti salah satunya karakter kebangsaan yang nantinya dapat dijadikan pondasi pengembangan sumber daya manusia Indonesia kedepan.

Pada saat pemaparan materi para Narasumber menyampaikan beberapa hal penting diantaranya tentang definisi komunikasi politik menurut para ahli, praktik komunikasi politik transnasional yang dilakukan Indonesia, arah kebijakan luar negeri Persiden Joko Widodo yakni berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian budaya, pilar politik luar negeri Indonesia antara lain menjaga kedaulatan negara kesatuan RI, diplomasi ekonomi, perlindungan warga negara dan peran Indonesia di forum Internasional, beberapa capaian politik luar negeri Indonesia dan lain sebagainya. (Herdiansyah W-Humas)

Berita Terbaru Lainnya