BAKK
Pelayanan Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama Universitas Sultan Ageng Tirtayasa membidangi beberapa layanan, diantaranya :
- Akademik yang terdiri dari : registrasi mahasiswa (baru/lama), pendaftaran wisuda, pengelolaan nilai transkrip, pengelolaan pendaftaran wisuda, dan administrasi akademik.
- Kemahasiswaan yang terdiri dari : pengelolaan beasiswa, peningkatan prestasi kemahasiswaan, pengelolaan dan pengembangan Ormawa, dan segala sesuatu yang terkait kemahasiswaan.
- Humas melayani Kehumasan, Layanan Informasi dan Publikasi Kegiatan di Lingkungan Untirta.
- Kerja Sama melayani Layanan administrasi naskah kerjasama dan kemitraan
BAKP ini dipimpin oleh seorang Kepala Biro yang membawahi 2 orang Kepala Bagian (Kabag. Akademik dan Kemahasiswaan, serta Kabag. Perencanaan). Kabag Akademik dan Kemahasiswaan membawahi Kepala Sub. Bagian Akademik dan Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik. Kabag Perencanaan membawahi Kepala Sub Bagian Perencanaan.
Visi BAKK
Memberikan layanan teknis administrasi akademik, kemahasiswaa dan kerjasama menuju terwujudnya Untirta sebagai Integrated Smart and Green (It’s Green) University yang unggul, berkarakter dan berdayasaing di kawasan Asean Tahun 2030.
Misi BAKK
Memberikan layanan teknis akademik, kemahasiswaan, kerjasama dan humas yang terbaik amanah dan profesional.
Kebijakan
Memperkuat komitmen, kebersamaan dan tanggung jawab dalam mewujudkan layanan teknik akademik, kemahasiswaan, kerjasama dan humas.
Program
- Memberikan layanan teknis administrasi pokja Akademik
- Memberikan layanan teknis administrasi pokja Kemahasiswaan
- Memberikan layanan teknis administrasi pokja Kerja Sama
- Memberikan layanan teknis administrasi pokja Humas
Kegiatan
Kegiatan kerja BAKK terbagi pada empat (4) kelompok kerja yaitu,
- Pokja Akademik dan Registrasi
- Pokja Kemahasiwaan dan Alumni
- Pokja Kerja Sama
- Pokja Humas
Pokja Akademik dan Registrasi
Program kegiataan teknis pokja akademik dan registrasi meliputi :
- Melaksanakan penyusunan program kerja bagian;
- Melaksanakan analisis data di bidang akademik;
- Melaksanakan penyusunan kalender akademik;
- Melaksanakan urusan penerimaan dan registrasi mahasiswa;
- Melaksanakan penyiapan penyelengaraan wisuda, dies natalis, orasi ilmiah, upacara pengukuhan guru besar, dan pertemuan ilmiah lainnya;
- Melaksanakan administrasi perkuliahan dan ujian;
- Melaksanakan administrasi tugas belajar dosen;
- Melaksanakan administrasi kelulusan mahasiswa;
- Melaksanakan penyusunan rencana kebutuhan dan pendayagunaan sarana pedidikan;
- Melaksanakan pemprosesan pemberi ijin penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
- Melaksanakan evaluasi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
- Melaksanakan pengembangan dan peningkatan di bidang minat, bakat, dan kesejahteraan mahasiswa;
- Melaksanakan administrasi dibidang minat, bakat dan kesejahteraan mahasiswa;
- Melaksanakan layanan di bidang minat, bakat, dan kesejahteraan mahasiswa;
- Melaksanakan administrasi alumni;
- Melaksanakan penyusunan statistik mahasiswa;
- Melaksanakan pengolahan informasi akademik dan kemahasiswaan;
- Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan akademik dan kemahasiswaan;
- Melaksanakan penyimpanaan dan pemeliharaan dokumen bagian;
- Melaksanakan penyusunan laporan bagian;
- Melakukan penyusunan program kerja Pokja dan Program Kerja Bagian;
- Melakukan penyusunan instrumen monitoring dan evaluasi pendidikan;
- Melakukan pengumpulan dan pengolahan data akademik;
- Melakukan penyajian data hasil monitoring dan evaluasi pendidikan sebagai bahan kebijakan pimpinan;
- Melakukan bahan penyusunan kalender akademik;
- Melakukan administrasi perkuliahan dan ujian;
- Melakukan administrasi tugas belajar dosen;
- Melakukan urusan pemrosesan ijazah;
- Melakukan urusan perpanjangan masa studi dan putus studi akademik;
- Melakukan administrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa;
- Melakukan pemberian layanan transkrip nilai;
- Melakukan penyiapan bahan penyelenggaraan wisuda, dies natalis, orasi ilmiah, upacara pengukuhan guru besar/professor, dan pertemuan ilmiah lainnya;
- Melakukan penyusunan rencana kebutuhan dan pendayagunaan sarana pendidikan;
- Melakukan pengaturan penggunaan sarana akademik;
- Melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan akademik;
- Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Pokjan; dan
- Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Pokja.
- Melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan Program Kerja Pokja;
- Melakukan penyusunaan pedoman pelaksanaan penerimaan dan registrasi mahasiswa;
- Melakukan penerimaan mahasiswa baru;
- Melakukan registrasi mahasiswa baru;
- Melakukan penyiapan kartu mahasiswa, kartu rencana studi, kartu hasil studi, dan pemberian nomor induk mahasiswa;
- Melakukan urusan alih program studi;
- Melakukan urusan cuti akademik mahasiswa;
- Melakukan pemrosesan pindah mahasiswa dan/atau pengunduran diri mahasiswa;
- Melakukan penyusunan statistik mahasiswa ;
- Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
- Melakukan penyusunan laporan Pokja.
Pokja Kemahasiswaan dan Alumni
- Melakukan penyusunan program kerja Subbagian, dan Program kerja bagian;
- Melakukan pengumpulan dan pengolahan data di bidang kemahasiswaan dan alumni;
- Melakukan penyusunan rencana kegiatan mahasiswa;
- Melakukan urusan pemilihan mahasiswa berprestasi dan teladan;
- Melakukan fasilitasi kewirausahan dan keterampilan mahasiswa;
- Melakukan urusan pemberian ijin atau rekomendasi kegiatan mahasiswa;
- Melakukan penyusunan rencana kebutuhan pelayanan kesejahteraan mahasiswa;
- Melakukan urusan pemberian beasiswa;
- Melakukan fasilitasi peningkatan keterampilan mahasiswa;
- Melakukan pelayanan kesejahteraan dan kesehataan mahasiswa;
- Melakukan pemberian layanan informasi bursa kerja;
- Melakukan fasilitasi jejaring alumni;
- Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan mahasiswa;
- Melakukan penyusunan laporan dan penyajian data dan informasi kegiatan kemahasiswaan;
- Melkaukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
- Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Pokja.
Pokja Kerjasama
Program kegaiatan teknis pokja dan kerja sama meliputi sebagai berikut :
- Melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan program kerja Bagian;
- Melakukan penyiapan bahan penyusunan kebijakan kerja sama di lingkungan Untirta;
- Melakukan pengumpulan dan pengolahan data kegiatan kerja sama;
- Melakukan penyusunan bahan sosialisasi dan publikasi produk kegiatan Tridharma Untirta kepada pemangku kepetingan;
- Melakukan penyusunan rencana pengembangan kerja sama;
- Melakukan penyusunan proposal kerja sama;
- Melakukan penyusunan rancangan naskah kerja sama;
- Melakukan administrasi kegiatan kerja sama;
- Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kerja sama;
- Melakukan penyusunan laporan pelaksanakan kerja sama;
- Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
- Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Pokja;
Subbagian Hubungan Masyarakat
- Melakukan penyusunan program kerja Subbagian;
- Melakukan pengumpulan informasi dari unit kerja di lingkungan Untirta;
- Melakukan penyajian dan pemberian layanan informasi di lingkungan Untirta;
- Melakukan pengumpulan informasi dari masyarakat yang berkaitan dengan Untirta;
- Melakukan penyusunan bahan tanggapan terhadap berita yang dimuat media cetak dan elektronik serta pengaduan masyarakat;
- Melakukan urusan publikasi melalui media cetak dan elektronik;
- Melakukan penyusunan bahan pelaksanaan konfersi pers dan siaran pers;
- Melakukan penyiapan pelaksanaan konferensi pers dan siaran pers;
- Melakukan urusan promosi dan pameran;
- Melakukan evaluasi pelayanan informasi dan hubungan masyarakat;
- Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Pokja; dan
- Melakukan Penyusunan Laporan Pokja.
KEADAAN PEGAWAI BAKP PER MARET 2024
Kepala BAKK
No | Nama | NIP | Jabatan Baru |
1. | Tb. Bahtera Rohimudin, SE., M.Si | 19671011 200112 1001 | Kepala BAKK |
No | Nama | NIP | Jabatan Baru |
2. | Sutji Ati, S.Pt., MM | 197203132002122001 | Kabag Akademik BAKK |
- PNS & PPPK
No | Nama | NIP | Jabatan Lama | Jabatan Baru |
3. | Munawar Holil, SE. | 197401142005011001 | Subkoordinator Registrasi dan Statistik | Ketua Pokja Akademik (Analis Anggaran Ahli Muda) |
4. | Ratih Purnamasari, S.E., M.Akt. | 197903172008102001 | Koordinator Kerjasama | Ketua Pokja Kerjasama (Pranata Humas Ahli Muda) |
5. | Yayan S. Ryan, SE., MM. | 197307262008101001 | Subkoordinator MBPP | Ketua Pokja Kemahasiswaan (Penyusun Program Pengembangan Kemahasiswaan) |
6. | Riana Hadiana, S.Si., M.Si. | 198104072015041001 | Pengolah Data Akademik | Analis Data Akademik |
7. | Lala Meilani, S.Pd., MM. | 198005252015042002 | Pengolah Data Keuangan/BPP | Pengolah Data Keuangan/BPP |
8. | Sri Fuji Astuti, A.Md. | 197812042014092002 | Pengolah Data Akademik | Pengolah Data Akademik |
9. | Suhaemi, SE.., MM. | 198211092010121002 | Pengolah Data Keuangan | Pengolah Data Keuangan (BPP) |
10. | Merlisa Astrid Chaerunnissa, SE. | 198803182014042001 | Pengolah Data Akademik | Pengolah Data Kemahasiswaan/ Alumni |
11. | Wahyudin | 197511092009101001 | Pengolah Data Akademik | Pengolah Data Kemahasiswaan/ Alumni |
12. | Agus Sucipto | 197804082006041008 | Pengelola Data Publikasi | Pengolah Data Kemahasiswaan/ Alumni |
13. | Mochamad Andi, SE | 196912032007101001 | Petugas Humas | Pengelola Layanan Kehumasan |
14. | Mulyadi | 197109092014091002 | Petugas Humas | Petugas Humas |
15. | Okti Rachmawati, S.Si., M.Si. | 198110202006042001 | Pengolah Data Kepegawaian | Pengelola Layanan Kehumasan |
2. Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT)
No | Nama | Jabatan Lama | Jabatan Baru |
16. | Hilman Irmansyah, M.Kp. | Petugas Humas | Petugas Humas |
3. Pegawai Badan Layanan Umum (BLU)
No | Nama | NIP | Jabatan Lama | Jabatan Baru |
17. | Adhitya Angga Pratama, S.Ikom., M.I.Kom | 201104011119 | Subkoordinator Humas dan Protokol | Ketua Pokja Humas (Penyusun Informasi dan Publikasi) |
18. | Nike Nindiani, SE | 200909011084 | Pengolah Data Akademik | Pengolah Data Registrasi |
19. | Sri Noviyanti, SE. | 200909011082 | Pengolah Data Akademik | Pengolah Data Registrasi |
20. | Andri Hakim, S.Sos | 200909011062 | Pengelola data Kepegawaian | Pengolah Data Akademik |
21. | Khoirul Umam, SE. | 201010011113 | Pengolah Data Akademik | Pengolah Data Akademik |
22. | Nihlatun Nufus, S.Sos | 201501011222 | Pengadministrasi Persuratan | Pengolah Data Akademik |
23. | Siska Lestari, SE. | 201104011126 | Pengolah Data Akademik | Pengolah Data Akademik |
24. | Supriadi, SE. | 201409011182 | Pengadministrasi Kesejahteraan | Pengolah Data Beasiswa |
25. | Nurmilah, SE. | 201103141146 | Pengolah Data Keuangan | Pengolah Data Kemahasiswaan/ Alumni |
26. | M.Rachmatullah, S.Pd. | 201104011117 | Pengelola Program, Minat, dan Penalaran | Pengelola Program, Minat, dan Penalaran |
27. | Rizky Agustina, SP. | 201808031305 | Pengadministrasi Persuratan | Pengolah Data Beasiswa |
28. | Tb. Mohamad Arif | 200909011103 | Petugas Humas | Petugas Humas |
29. | Zakky Bunyamun Marsus, M.Pd. | 20220103.003 | Pengadministrasi Umum | Pengolah Data dan Informasi Kerjasama |
30. | Vina Nuraeni | 20180101296 | Pengolah Data Anggaran dan Keuangan | Pengolah Data dan Informasi Kerjasama |
31. | Pipih, S. P., MP | 201101011121 | Pengolah Data Akademik | Pengolah Data dan Informasi Kerjasama |
4. Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT)
No | Nama | Jabatan Lama | Jabatan Baru |
32. | Hilman Irmansyah, M.Kp. | Petugas Humas | Petugas Humas |
33. | M. Difa Dzulfikar, S.Ikom. | Petugas Humas | Petugas Humas |
34. | Putri Patria Vive Ananda, S.Ikom. | Pengolah Data Kehumasan | Petugas Humas |
35. | Rizky Mutia Ulfa, S.Sos. | Staf Humas Fakultas | Petugas Humas |