Untirta Hadiri Rapat Koordinasi Laporan Kegiatan Sosialisasi dan Promosi SMMPTN-Barat 2024

Diposting pada

Serang – Panitia Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Konsorsium BKS-PTN Barat (SMMPTN-Barat) 2024 melaksanakan rapat koordinasi mengenai laporan kegiatan Sosialisasi dan Promosi (Sospro) dari masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terkait pada , (27/04).

Kegiatan ini dipandu oleh Teuku Kemal Fasya dari Universitas Malikussaleh selaku Ketua Tim Sosialisasi dan Promosi (Sospro) SMMPTN-Barat 2024 yang melakukan absensi terlebih dahulu kepada seluruh perwakilan tim sospro dari masing-masing Universitas.

Kegiatan diawali dengan Sambutan dari Prof. Supriyanto yang menyampaikan bahwa agenda rapat hari ini adalah untuk sinkronisasi mengenai apa yang sudah dilakukan oleh tim sospro masing-masing PTN mengenai SMMPTN-Barat 2024.

“Terima kasih bagi rekan-rekan tim sospro dari masing-masing Universitas yang sudah hadir dalam kegiatan rapat hari ini, silakan dilaporkan baik secara langsung maupun melalui form yang sudah dibagikan mengenai kegiatan atau hal apa saja yang sudah dilakukan oleh masing-masing PTN dalam mensosialisasikan dan mempromosikan SMMPTN-Barat ini ke masyarakat luas khususnya masyarakat sekitar PTN masing-masing,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa target pendaftar SMMPTN-Barat 2024 ini yaitu sekitar 40.000 pendaftar. Hal tersebut menjadi target yang ingin dicapai agar bisa melampaui jumlah pendaftar tertinggi sejauh ini yaitu pada Tahun 2022 yaitu 36.790 pendaftar. Salah satu hal yang menjadi tugas bersama adalah dengan menguatkan sosialisasi dan promosi agar mencakup banyak masyarakat minimal masyarakat yang berada di sekitar PTN masing-masing.

“Saya izin menyampaikan mengenai target SMMPTN-Barat tahun ini adalah sebanyak 40.000 pendaftar agar bisa melampaui jumlah pendaftar terbanyak sampai sejauh ini yaitu pada tahun 2022 dan semoga dengan digencarkannya kegiatan sospro yang dilakukan PTN masing-masing dapat membuat target tersebut tercapai,” ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi serta laporan dari masing-masing PTN mengenai kegiatan sospro yang sudah dilakukan selama ini. Salah satu laporannya datang dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang diwakili oleh Adhitya Angga Pratama selaku Ketua Pokja Humas yang menyampaikan bahwa Untirta sudah melakukan kegiatan yang berkaitan dengan sospro SMMPTN-Barat yaitu melalui Podcast yang membahas keseluruhan jalur penerimaan mahasiswa baru 2024 yang dibuka oleh Untirta.

“Untirta sudah membuat podcast yang menjelaskan mengenai keseluruhan jalar masuk penerimaan mahasiswa baru 2024 yang dibuka dan nanti kedepannya kami mengharapkan ada regulasi khusus untuk pembuatan konten seperti apa yang harus dibuat oleh masing-masing PTN,” ujarnya.

Kemudian beberapa perwakilan Universitas juga turut melaporkan mengenai kegiatan sospro SMMPTN-Barat yang sudah dilakukan mulai dari Universitas Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala, dan beberapa Universitas lainnya.

Kegiatan ditutup oleh Dr. Entis Sutisna Halimi yang menyampaikan bahwa masing-masing PTN harus gencar mempromosikan SMMPTN-Barat ini kepada seluruh masyarakat agar target pendaftar yang diharapkan dapat tercapai.

“Masing-masing PTN harus gencar untuk melakukan sosialisasi dan promosi mengenai SMMPTN-Barat ini dengan sebaik-baiknya agar seluruh masyarakat mengetahui dan target pendaftar tahun ini tercapai,” ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa akan dilakukan monitoring kepada masing-masing PTN dengan mengharuskan seluruh PTN melampirkan laporan terkait kegiatan-kegiatan sospro yang sudah dilakukan sampai dengan waktu pendaftaran SMMPTN-Barat dibuka nanti. (AB/IHS/AAP)