PNF UNTIRTA LAKUKAN BENCHMARKING DAN MOA KE CHULALONGKORN UNIVERSITY

Diposting pada

Jurusan Pendidikan Nonformal FKIP UNTIRTA lakukan benchmarking Internasional dan penandatanganan MoA dengan Department of Lifelong Education Faculty of Education Chulalongkorn University pada tanggal 20 Oktober 2023. Pada kesempatan tersebut perwakilan dosen-dosen PNF UNTIRTA yang dipimpin oleh Assoc. Prof. Ila Rosmilawati, Ph.D disambut oleh Assoc. Prof. Wirathep Pathumcharoenwatana, Ph.D selaku Head of Department of Lifelong Education, Faculty of Education, Chulalongkorn University, Thailand.

MoA kedua belah pihak menyepakati beberapa hal terkait pertukaran pelajar dan dosen, kolaborasi riset dan publikasi, kerjasama penyelenggaraan seminar internasional, serta kegiatan akademik lainnya yang mendukung pengembangan kualitas dosen, mahasiswa dan keilmuan PNF. Disisi lain, kegiatan ini merupakan salah satu implementasi kerjasama bagi prodi PNF yang telah tersertifikasi AUNQA di level Internasional.

Selain penandatanganan MoA, prodi PNF juga melakukan Benchmarking untuk membandingkan standar mutu pengelolaan program studi dan mengidentifikasi praktik-praktik baik yang dilakukan kedua belah pihak dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan standar akademik. Pada dasarnya kedua departemen memiliki kualitas layanan Pendidikan yang sama, namun desain kurikulum program studi memiliki kekhasan yang berbeda. Benchmarking menjadi kesempatan yang baik untuk kedua belah pihak saling mengadopsi kekuatan yang dimiliki.

Culalangkorn University dipilih sebagai tempat benchmarking Internasional karena merupakan kampus unggulan di Thailand yang fokus terhadap tiga pengembangan diantaranya, mempersiapkan pemimpin masa depan, penerapan riset dan Inovasi yang bermanfaat, serta advokasi sosial berkelanjutan. Juga salah satu kampus di Asia Tenggara dengan peringkat 7 besar QS WUR, yang memiliki jurusan Pendidikan Nonformal. Ila Rosmilawati, Ph.D selaku ketua jurusan pendidikan nonformal UNTIRTA merasa hal positif tersebut perlu diinternalisasi, mengingat kualitas lulusan program studi PNF UNTIRTA harus dapat bersaing ditingkat nasional dan global pasca sertifikasi AUNQA yang telah diraih. Kedepan perlu adanya terobosan transformatif bagi program studi untuk meningkatkan kualitas dosen salah satunya dengan menjadi pengajar tamu di Universitas Internasional. Bangkok, 20/10/2023