Mukernas FL2MI, Mahasiswa Diminta Ciptakan Resolusi untuk Bangsa

Diposting pada

Serang–Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) melangsungkan kegiatan Musyawarah kerja nasional (Mukernas) XIII bertema ‘Revitalisasi Lembaga Legislatif di Era New Normal Guna Mengoptimalkan peran Legislator yang Progresif’. Kegiatan ini berlangsung di dua tempat yakni di Untirta dan Unsera dan berlangsung dimulai 14 sampai 20 Maret 2022.

Hadir dalam kegiatan ini Koordinator FL2MI Pusat Panusunan Siregar, Koordinator FLMI Wilayah Banten Yudi Akhyudin, Ketua DPM Untirta Ade Rama Wibowo, Ketua DPM Unsera Adhi Susila Bhakti, Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., Kepala Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda Rudi Prihadi, S.Pd., M.Si., perwakilan Polda Banten serta para peserta mukernas dari berbagai DPM seluruh Indonesia.

Pada mukernas kali, mahasiswa khususnya yang terlibat dalam DPM diminta untuk lebih berperan aktif memberikan gagasan, pemikiran atau resolusi terkait dengan persoalan bangsa. Dalam kegiatan  ini, juga menjadi momen FL2MI untuk merevitalisasi lembaga dalam rangka mengembangkan fungsi legislator.

“Mari kembali ke jati diri sebagai forum yang terus bergerak dan jika ada isu (persoalan bangsa-red) maka kita harus perjuangkan. Maka dari itu, kita luruskan niat dan berdialog untuk memberikan tinta emas untuk Indonesia,” kata Panusunan saat pembukaan kegiatan di Auditorium Kampus Untirta Sindangsari, Kabupaten Serang.

“Untuk kawan-kawan yang peduli akan bangsa ini, kepada daerah yang kawan-kawan tempati, untuk memberikan gagasan, resolusi dan jadikan ini momentum arah gerak tugas mahasiswa itu seperti apa,” ujarnya.

Di lain hal, Rudi menyampaikan bahwa IPM Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Provinsi Banten masih kalah dengan indikator lainnya. “Kami mengimbau agar peran serta pemuda, khususnya yang ada di kampus untuk bersama-sama membangun agar pemuda di Banten bisa menjadi pemuda yang berkualitas yang siap menerima tongkat estafet kepemimpinan nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Untirta merasa yakin bahwa masa depan Indonesia cerah dengan adanya mahasiswa yang mampu bersikap kiritis dan terus bergerak untuk bangsanya.

“Saya melihat masa depan Indonesia cerah. 30 tahun yang akan datang saya optimis dari teman-teman mahasiswa ini nanti ada yang jadi rektor, dirjen, menteri ataupun DPR. Maka jangan lelah mencintai Indonesia yang kaya ini dan saya atas nama pimpinan mengucapkan terima kasih dan selamat datang di kampus JAWARA,” kata Rektor.(HI/AAP/VDF/RJ)/(Foto:SK)