Penanaman Perdana Bibit Palawija dilahan Kampus Untirta Sindangsari

Diposting pada

SERANG-Tim Smart Green Campus bekerjasama dengan Fakultas Pertanian gelar kegiatan penanaman perdana Bibit Palawija di lahan Kampus Untirta Sindangsari, pada hari Jum’at (14/01) selain dalam rangka memperingati hari sejuta pohon, gerakan tanam bibit palawija dan tanam pohon sebagai betuk penghijauan dan kepedulian terhadap lingkungan. Kegiatan ini merupakan peringatan hari sejuta pohon sekaligus mendukung terwujudnya kampus yang smart dan green dikawasan kampus Untirta Sindangsari dan sekitarnya.

Secara simbolis Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., meresmikan dan mengawali kegiatan penanaman bibit palawija dan pohon dengan didampingi oleh para Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni Dr. H. Suherna, SP., M.Si, Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Dr. H. Aceng Hasani, Drs. M.Pd., sekretaris UPT Smart, Green, and Sustainability Campus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Heri Haryanto, ST., MT., Para Dosen beserta jajaran dari Fakultas Pertanian turut serta dalam gelar pelaksanaan penanaman perdana bibit palawija dialahan Kampus Sindangsari.

Sekretaris UPT Smart, Green, and Sustainability Campus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Heri Haryanto, ST., MT., melaporkan tujuan dari kegiatan penanaman perdana bibit palawija adalah sebagai bentuk penghijauan dan kepedulian terhadap lingkungan. Kemudian juga sebagai pembukaan lahan untuk sarana pengolahan lahan atau ujicoba lahan pertanian bagi khususnya Fakultas Pertanian, dan berguna untuk kunjungan-kunjungan dari Universitas lain. Selain sebagai lahan pertanian dan perkebunan Untirta pada kegiatan ini bisa dijadikan simbol sesuai visi misinya bahwa Untirta adalah kampus yang hijau (smart and green campus) berguna pula sebagai peningkatan point pada UI Green Metric tentang pengolahan lahan.”tuturnya.

“Sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan, asri, sejuk, dan hijau. Rektor Untirta Fatah Sulaiman mengucapkan selamat dan mengapresiasi kepada Tim Untirta Green Metrik, UPT. Smart, Green, and Sustainability Campus, Tim Lab Terpadu dan Fakultas Pertanian. Pada saat ini pemanfaatan lahan Untirta yang belum terbangun, berupa atau dalam bentuk kebun bisa digunakan sebagai objek penelitian pertanian dari Fakultas Pertanian dari mulai penanaman bibit dan berbagai pohon atau tanaman tumbuh lainnya, sekaligus juga sebagai penguatan komitment Untirta sebagai kampus yang terintegrasi smart dan green.”ujarnya.

Kemudian setelah penanaman perdana dengan hasil olahan traktor baru Untirta, semoga Lab. Terpadu bisa memanfaatkan seefisien mungkin dalam penataan lahan untuk digunakan sebagai paktek diluar lapangan dan tidak hanya belajar di ruang kelas Lab. Terpadu saja . Harapan kedepan selain simbol pertama, pada saat ini Fakultas Pertanian adalah sebagai ujung tombak dalam riset dan bisa berkolaborasi bersama UPT. Green Smart Campus,dan sebagai salah satu modul pertanyaan UI Green Metric dalam pemanfaatan lahan kebun, semoga terjadi peningkatan ditahun 2022 dari peringkat ke-22 menjadi peringkat ke-15 di UIGM.”papar beliau

Tak lupa Rektor mengucapkan terimakasih dengan rasa bangga kepada semua Tim yang sudah ikut andil dalam kegiatan penanaman perdana bibit palawija dilahan kampus Untirta Sindangsari, semoga bermanfaat dan berkah bagi kita semua.(tbmarif/m.andi/m.difaz)/Roudohtul Janah, S.E/V. Dian F, S.E., M.M

11 views