Beranda

Flag Counter

 

Sejak dibuka pendaftaran Calon Rektor Untirta periode 2019-2023 pada tanggal 20 Februari 2019, sudah terdapat 6 Bakal Calon Rektor yang telah menyerahkan berkas pendaftaran.

Berkas-berkas Persyaratan Bakal Balon Rektor yang dikembalikan kepada Panitia Pemilihan Rektor periode 2019-2023 secara langsung maupun melalui jasa pengiriman sebanyak 6 orang yaitu :

  1. Dr. H.Agus Ismaya, SE.,SH.,M.Si (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta)
  2. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT (Wakil Rektor I  Bidang  Akademik Untirta)
  3. Prof. Dr. Ibnu Hamad, M.Si (Guru Besar Fisip Universitas Indonesia)
  4. Dr. Ranthy Pancasasti, S.Kom.,MM.,M.Si (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta)
  5. Dr. H. Suherman, Ir., MM. M.Si. (Dosen Fakultas Pertanian Untirta)
  6. Prof. Dr. Tubagus Ismail, SE., MM.,Ak. CA (Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta).

Pendaftaran Calon Rektor Untirta telah ditutup pada 27 Februari 2019 pada pukul 24.00 WIB.

Berdasarkan Surat Keputusan Senat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa No. 1 Tahun 2019 Tentang Penetapan Bakal Calon Rektor Untirta Periode 2019-2023, maka diumumkan bahwa nama-nama berikut (berdasarkan urutan abjad) adalah Balon Rektor Untirta Periode 2019-2023:

  1. Dr. H.Agus Ismaya, SE.,SH.,M.Si (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta)
  2. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT (Wakil Rektor I  Bidang  Akademik Untirta)
  3. Dr. H. Suherman, Ir., MM. M.Si. (Dosen Fakultas Pertanian Untirta)
  4. Prof. Dr. Tubagus Ismail, SE., MM.,Ak. CA (Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta).

Berikut adalah profil pendaftar Bakal Calon Rektor Untirta Periode 2019-2023 (berdasarkan urutan abjad):

 

Dr.  H. Agus Ismaya Hasanudin, SE.,SH.,M.Si Dr. H. Fatah Sulaiman, ST. MT Dr. H. Suherman, Ir.,MM.M.Si Prof. Dr. H. Tubagus Ismail, SE., MM. Ak, CA
Bandung, 23 Oktober 1977 Serang, 06 Oktober 1968 Serang, 09 Februari 1967 Serang, 30 Desember 1973
Komp KOREM Cilaku Rt 03 Rw 04 Kelurahan Cilaku Kec Curug Kota Serang Taman Lopang Indah RT 005 RW 013 nyur Serang Lingkungan Rawa Gondang RT 002 Rw 006 Kel/Desa Citangkil Kec Citangkil Kota Cilegon Komp BBS III Blok A2 no 10 A RT017 RW 009 Kel/Desa Ciwaduk Kec Cilegon  Kota Cilegon
LEKTOR KEPALA LEKTOR KEPALA LEKTOR KEPALA GURU BESAR
Pembina Utama Muda (IV/C) Pembina (IV/A) Pembina Tingkat I (IV/B) Pembina Utama Muda (IV/C)
Dosen Fakultas Ekonomi Dosen Fakultas Teknik Dosen Fakultas Pertanian Dosen Fakultas Ekonomi
Doktor Ilmu Akuntansi, 2014 Doktor Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Pengendalian Lingkungan, 2009 Doktor Ilmu Pertanian Konsentrasi Pembangunan Pertanian, 2015 Doktor Ilmu Ekonomi, 2012
Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi  (2007-2011)

Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi  (2012-2016)

Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik (2003-2007)

Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Perencanaan, dan Sistem Informasi (2011-2015)

Wakil Rektor Bidang Akademik (2015-2019)

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (2000-2003)

Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Pertanian (2003-2007)

Dekan Fakultas Pertanian (2009-2011)

Ketua Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian (2016-2022)

Wakil  Dekan II Fakultas Ekonomi (2003-2007)

Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi (2007-2012)

Materi Presentasi Visi dan Misi UNDUH Materi Presentasi Visi dan Misi UNDUH Materi Presentasi Visi dan Misi UNDUH Materi Presentasi Visi dan Misi UNDUH

SERANG – Pendaftaran pemilihan Rektor Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) sudah dibuka terhitung sejak Tanggal 20 sampai dengan 27 Februari mendatang. Hal tersebut terungkap dalam jumpa pers yang digelar Panitia Seleksi Pemilihan Rektor Untirta Tahun 2019-2023, di Ruang Rapat Rektorat, Rabu (20/02).

Menurut Rektor Untirta, Sholeh Hidayat, proses pemilihan Rektor Untirta Priode 2019-2023 akan melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan aparat penegak hokum lainnya. Salah satu keterlibatannya adalah kewajiban calon Rektor Untirta untuk menyerahkan laporan harta kekayaan kepada KPK.

“Termasuk jika adanya laporan terhadap tindak pidana money politic dan black campaign, maka akan segera dilaporkan ke Senat Untirta yang kemudian dilanjutkan ke Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, yang kemudian dilanjutkan kepada penegak hokum untuk dilakukan upaya tindakan tegas,” kata Sholeh kepada wartawan.

Pakar pendidikan di Banten ini mengaku sudah mengimbau kepada seluruh civitas akademik Untirta dan mahasiswa untuk bijaksana dalam memanfaatkan media social. Ia menilai untuk mendukung keterbukaan informasi, maka dibutuhkan peran media untuk mensosialisasikan pemilihan Rektor Untirta ini.

Berdasarkan Permen Ristekdikti No 19, Tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri, Permen Ristekdikti No 21 Tahun 2018, tentang Perubahan atas Permen Ristekdikti No 19 Tahun 2017, Senat membuat Peraturan Senat No 1 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pemilihan Rektor dan membentuk Panitia Pemilihan Rektor Untirta Periode 2019-2023. “Peraturan sudah dibuat, dan panitia pemilihan Rektor Untirta juga sudah dibentuk,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Rektor Untirta berharap proses penjaringan dan pemilihan dalam suasana yang tenang, sejuk, damai dan bermartabat sesuai dengan Untirta yang merupakan lingkungan masyarakat ilmiah. Katanya, semangat dalam pemilihan rector ini berbeda dengan pilkada, karena pemilihan rector bukan politik namun pemilihan pemimpin perguruan tinggi.

“Saya berharap semua tahapan bisa berjalan dengan baik, mulai dari penjaringan, penyaringan hingga selesai pemilihan biss diselesaikan dengan kondusif. Diharapkan banyak yang berminat mendaftarkan diri dalam pemilihan Rektor Untirta ini,” harapnya.

“Karena siapapun bisa mendaftar untuk beradu gagasan demi meningkatkan Untirta yang lebih baik lagi, bermutu dan berdaya saing. Tentunya harus memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan,” sambungnya.

Senada disampaikan Ketua Panitia Pemilihan Rektor Untirta, Mas Iman Kusnandar, dalam pemilihan Rektor Untirta ini, para calon dilarang untuk melakukan money politic dan black campaign, karena hal tersebut berada dalam tata tertib senat.

Dalam pemilihan Rektor Untirta ini, lanjutnya, panitia sudah melayangkan surat kepada seluruh perguruan tinggi negeri se-Indonesia untuk mencalonkan diri sebagai Rektor Untirta. Artinya, calon Rektor Untirta bisa dari luar kalangan Untirta. Terkait jika ada dugaan pelanggaran dengan melakukan money politic dan black campaign, Iman mengatakan bahwa hal tersebut akan dibawa ke rapat senat.

“Panitia sudah melakukan sosialisasi ke sejumlah media, dan melayangkan surat ke 80 perguruan tinggi negeri, untuk membuka peluang dari luar Banten untuk ikut dalam proses penjaringan,” imbuhnya.


BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
ASSALAMUA’LAIKUM,  Wr.Wb.

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang selalu melimpahkan Rahmat, Hidayah, dan Berkah-Nya kepada seluruh keluarga besar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa serta Shalawat dan Salam juga kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) adalah Perguruan Tinggi Negeri, sebagai transformasi dari Perguruan Tinggi Swasta, berdiri tahun tanggal 1 Oktober 1981 dan dinegerikan pada tanggal 9 Maret 2001 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor: 32 Tahun 2001. Untirta merupakan institusi tertinggi pendidikan formal bagi siapapun yang ingin meningkatkan kualifikasi dan kompetensinya dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan sekaligus merupakan sebuah entitas dan komunitas yang mempunyai karakteristik tersendiri dalam struktur kehidupan masyarakat. Untirta tidak hanya bertugas mengantarkan para peserta didiknya menjadi lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berkarakter semata akan tetapi juga menjadi tempat memelihara dan mengembangkan, menyebarluaskan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dibutuhkan oleh masyarakat luas sebagai bentuk tanggungjawab profesional, sosial dan moralnya.

Seiring dengan akan berakhirnya masa kepemimpinan Prof.Dr.H.Sholeh Hidayat, M.,Pd, sebagai Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Periode 2015-2019 pada bulan Agustus 2019 yang akan datang, sudah merupakan kewajiban Untirta sebagai institusi di bawah Kemenristek untuk melakukan proses pemilihan Rektor untuk periode berikutnya. Berkenaan dengan hal ini, Senat Untirta, berdasarkan Permen Ristekdikti No.19 Tahun 2017 dan Permen Ristekdikti no 21 Tahun 2018, menyiapkan perangkat aturan yang dituangkan  dalam Peraturan Senat dan membentuk panitia pemilihan Rektor Untirta periode 2019-2023 yang bertugas membantu Senat dalam semua tahap proses pemilihan Rektor dan menyediakan sarana, prasarana dan kelengkapan proses pemilihan. Sesuai dengan Peraturan Senat No 1 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pemilihan Rektor, masyarakat luas yang memenuhi persyaratan dapat mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Rektor Untirta. Ketentuan ini tentu kita sambut gembira karena membuka peluang yang lebih besar untuk mendapatkan putra dan putri terbaik bangsa sebagai Rektor Untirta periode 2019-2023.

Kepada seluruh sivitas akademika Untirta serta masyarakat luas, kami mengundang saudara/i untuk mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Rektor untuk dapat mengembangkan Untirta selama empat (4) tahun ke depan menjadi Lembaga perguruan tinggi negeri yang semakin tangguh dan berdaya saing tinggi baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

 

 

 

Billahitaufiq wal hidayah
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Ketua Senat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Dr. H. Fatah Sulaiman, ST, MT