BPSMI Banten Kirim 17 Mahasiswa Ikuti Peksiminas XVI Tahun 2022

Diposting pada

Gelaran Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XVI resmi dibuka. Pembukaan dilaksanakan di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya (UB), Malang Jawa Timur.(25/10)

Kontingen Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Provinsi Peksiminas XVI berjumlah 17 Mahasiswa dari 3 Perguruan Tinggi di Banten yaitu Untirta, UIN SMH dan Unma.

Peksiminas XVI diikuti 32 Provinsi, dengan jumlah peserta sebanyak 838 mahasiswa dari 123 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Rektor UB, Prof. Widodo S.Si, M.Si, Ph.D, Med.Sc mengatakan bahwa Peksiminas ini sangat penting untuk menumbuhkan kreatifitas serta membangun kebutuhan kompetisi mahasiswa yang sangat komprehensif sebagai wujud peningkatan potensi mahasiswa dalam bidang seni. “Kegiatan ini juga mengajak para mahasiswa dan masyarakat di Indonesia agar semakin menghargai seni dan memahami bahwa seni juga merupakan bagian penting untuk pembentukan peradaban manusia dan perkembangan sains dan teknologi”, tuturnya.

Prof. Dr. Abdul Hakim M.Si selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UB dalam hal ini sebagai ketua BPSMI Jatim dalam laporannya menyampaikan bahwa ilmu pengetahuan dan keterampilan mahasiswa harus saling bersinergi dengan kemampuan hard-skill dan soft-skill yang dimilikinya, terutama dengan mengedepankan nilai-nilai kultur, pelestarian budaya, serta kemajemukan sosial masyarakat. Hal ini searah dengan kebijakan Kampus Merdeka yang digagas oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, bahwa perguruan tinggi berkewajiban mendorong mahasiswa untuk tidak hanya unggul dalam bidang akademik namun juga menjadi individu kreatif, inovatif, berdaya saing dan berkarakter. “Pengembangan soft-skill merupakan salah satu bagian dari kompetensi individu dan kelompok, dimana ini adalah bentuk kreativitas mahasiswa baik dalam proses pembelajaran, etika dan estetika maupun minat bakat,” ungkapnya.

Perwakilan dari Dikti/Puspresnas dalam sambutanya mengatakan bahwa seni merupakan peran penting dalam memperhalus budi bahasa dan menjalankan kreatifitas dalam ruang cipta “peksiminas dilaksanakan secara offline ini wajib kita syukuri setelah sebelumnya kita diberi ujian pandemi Covid19, ini sebagai ruang perjumpaan generasi kreatif pelajar/mahasiswa yang telah lama merindukan panggung dan apresiasi”, pungkasnya.

Peksiminas dilaksanaka mulai tanggal 25-28 Oktober 2022 di Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur.