Untirta Siap Jadikan SD Al Qur’an Amirul Mukminin sebagai Sekolah Laboratorium

Diposting pada

Serang-Yayasan Pesantren Madinatul Ma’arif Ragas bersama Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melaksanakan rintisan kerja sama menjadikan SD Al Qur’an Amirul Mukminin sebagai sekolah laboratorium Untirta. Upaya kerja sama itu terkonfirmasi dalam acara haul ke-8 Almarhum Haji Ma’ruf bin Saluri bin Sayuthi yang dilaksanakan di Masjid Al Yaqien SD Al Qur’an Amirul Mukminin, Ragas, Margasari, Pulo Ampel, Kabupaten Serang, Senin, (13/6/2022).

Hadir mewakili Rektor Untirta, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas H. Kurnia Nugraha, S.T., M.T. (Wakil Rektor II) Rangkaian acara haul dan doa dipimpin oleh Abah Haji Mansur Muhyiddin. Kemudian dilanjutkan dengan gunting pita penggunaan ruang kelas baru SD Al Qur’an Amirul Mukminin oleh Wakil Rektor II Untirta mewakili Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T M.T. Dalam sambutannya, Kurnia mengapresiasi prestasi akademik santri SD Al Qur’an Amirul Mukminin dalam bidang keagamaan dan berharap menjadi lokomotif pengembangan sains dan teknologi. Oleh karena itu, ia menyampaikan pesan Rektor Untirta yang tertarik untuk menjadikan SD Al Qur’an sebagai sekolah laboratorium. SD Al Qur’an Amirul Mukminin menjadi tempat magang mahasiswa dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan riset bagi sivitas akademika Untirta pada umumnya.

Dalam kesempatan itu hadir juga Kasepuhan Banten asal Bojonegara K.H. Mansur Muhyiddin; Pendiri Gaido Foundation H. Muhammad Hasan, Presidium Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten Kiai Syamsul Maarif, Bendahara FSPP Provinsi Banten K.H. Bukhari Arsyad, M.Si., Ketua FSPP Kecamatan Pulo Ampel Kyai Syamsudin, Tokoh masyarakat Ustadz Haji Rafiudin, ibu-ibu Majelis Taklim Al-Aminah, dewan guru dan orang tua santri SD Al Qur’an Amirul Mukminin H. Muhammad Hasan selaku Founder Gaido Foundation yang juga anggota Dewan Pertimbangan FSPP Provinsi Banten.

Beliau turut memberikan motivasi kepada Pengurus Yayasan Pesantren Madinatul Ma’arif dan warga SD Al Qur’an Amirul Mukminin untuk terus semangat mencerdaskan kehidupan bangsa melalui jalur pendidikan berbasis Masjid. Semangat untuk bersedekah, membangun jaringan bisnis, dan menabung.

“Insya Allah, semua bisa wisuda sambil umroh di Makkah dan berziarah ke makam Rasulullah di Madinah. Sekali lagi, Amirul Mukminin sebagai satuan pendidikan Islam berbasis Masjid harus dikembangkan hingga tingkat pendidikan menengah dan tinggi, sehingga berkontribusi besar dalam menyiapkan kepemimpinan bangsa. Pendidikan berbasis Masjid berasrama itu sesungguhnya adalah sistem pesantren,” ujarnya.

Fadlullah selaku founder SD Al Qur’an Amirul Mukminin sangat senang dengan kepercayaan Untirta menjadikan SD Al Qur’an Amirul Mukminin sebagai sekolah laboratorium. Hal ini selaras dengan visi SD Al Qur’an Amirul Mukminin mendidik santri cerdas, tanggu, dan berakhlak mulia. Cerdas yang dimaksud adalah sanggup mengamalkan ilmu dan memanfaatkan teknologi untuk membangun peradaban bangsa sesuai dengan nilai nilai agama Islam dan norma Pancasila. Cerdas di sini juga berarti menguasai khazanah intelektual muslim khususnya 40 matan kitab kuning dalam bidang ilmu-ilmu syariah. Insya Allah, untuk penjaminan mutu pendidikan sains dan teknologi kami bekerjasama dengan Untirta sedangkan dalam bidang ilmu-ilmu syariah kami bekerja sama dengan FSPP baik tingkat Kecamatan, Kabupaten, maupun Provinsi Banten.(YPMM/HI/AAP/VDF)