Unpar-Untirta Jajaki Kerja Sama Lima Agenda dalam Lingkup MBKM

Diposting pada

Serang-Universitas Parahyangan (Unpar) dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menjajaki kerja sama terkait dengan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kemungkinan  dalam waktu dekat penjajakan kerja sama ini akan ditindaklanjuti dengan penandatangan nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding  MoU dari kedua belah pihak.

Bentuk kerja sama Unpar-Untirta  ini dibagi menjadi beberapa agenda seperti disampaikan oleh akademisi Unpar dan salah satu inisiator kerja sama Unpar-Untirta Kristian Widya Wicaksono, Ph.D., di antaranya adalah (1) matching fund pengembangan platform sentra industri UMKM food and beverage, (2) matching fund kelurahan tanggap bencana, (3) multiple-helix, bermitra dengan OASE (Garlika Martanegara) dan CHUDS guna pembangunan pembangkit listrik EBT-Multi-Teknologi: Subang, Pandeglang, Lebak, Cilegon dan Serang, (4) Model strategis kebijakan pendidikan bagi indigenous community (masyarakat tradisional): studi kasus baduy dalam dan (5) kolaborsi dengan BNN periode 2022-2023.

“Untuk program sudah konkret ya dan semoga ini bisa diimplementasikan dengan solid,” ujar Kristian saat pertemuan virtual melalui Zoom Meet, Jumat (8/4/2022).

Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D.,  mengatakan, Unpar-Untirta bisa bekerja sama secara umum dan ia bersyukur karena penjajakan kerja sama ini diinisiasi oleh para akademisi muda kedua belah pihak.

“Kita bisa bekerja sama secara umum soal tridarma perguruan tinggi, dan saya  apresiasi kepada teman-teman muda yang  terus bergerak untuk penjajakan kerja sama ini dalam rangka program Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” katanya.

Rektor Untirta Prof. Dr. Fatah Sulaiman, S.T., M.T.,  menuturkan, rencana kolaborasi Unpar-Untirta harus segera ditindaklanjuti karena dari sisi paparan program sudah terlihat niat baik untuk kemajuan masyarakat.

“Di era ini kolaborasi adalah keniscayaan, apa yang kita miliki SDM, fasilitas, dan objek riset nanti bisa kita kolaborasikan apalagi Jabar-Banten itu kaka adek, sejarahnya satu. Kami semua menyambut baik rencana kemitraan ini dan nanti secara teknis tim Wakil Rektor 4 dan seluruh jajaran akan menindaklanjuti kerja sama ini,” tuturnya.

Pada rapat penjajakan kerja sama Unpar-Untirta secara virtual ini, hadir pula Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd., Dekan Fakultas Hukum dan FISIP Unpar, Dekan FISIP Untirta, Ketua LPPM Unpar, Koordinator Humas dan Kerja Sama Untirta serta  Sub Koordinator Kerja Sama Untirta.(HI/AAP/VDF/RP)