Wujudkan Smart & Green Campus, Untirta Gunakan Panel Surya

Diposting pada

Serang, (09/01/2022) – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa semakin serius dalam membangun kampus yang smart & green seperti visinya. Hal ini terungkap saat penandatanganan kontrak pada jumat (07/01) di gedung Rektorat Kampus Sindangsari antar PT. Agra Surya Energy dengan Untirta.  Hadir dalam agenda tersebut Rektor Untirta, KaBUKK, Kord Humas dan Kerjasama, Subkord Kerjasama, Kord Aset dan BMN, dan Ka UPT SmartGreen. Sementara itu pihak PT. Agra Surya Energy diwakilkan oleh Direktur Operasi beserta jajarannya.

Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, MT dalam sambutan dan pengarahannya mengatakan penandatanganan kerjasama dalam rangka penggunaan dan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau Panel Surya merupakan bukti dari komitmen kuat Untirta dalam  mewujudkan visinya yakni mewujudkan kampus yang terintegrasi, smart, & green. “kita punya visi integrated, smart, & green. Salah satu program dalam implementasi green smart itu ya solar cell”katanya. Lebih lanjut dirinya mengungkapkan telah banyak berdiskusi mengenai rencana penggunaan panel surya untuk  itu pihaknya perlu memastikan segala informasi dan bentuk kerjasama agar secara presisi dan akurat sesuai dengan regulasi perundang undangan yang berlaku. Prof Fatah juga meminta agar kerjasama ini tidak hanya bersifat business to business  tetapi juga memiliki nilai business to education terutama dalam pelaksanaan riset “jadi tidak hanya bisnis to bisnis akan tetapi bisnis to riset nya harus menjadi bagian yang kuat dalam kerjasama ini”ucapnya.

Direktur Operasi PT. Agra Surya Energy, Arya Pradipta dalam sambutannya mengaku merasa bangga dan terhormat dapat bekerjasama dengan Untirta. “harapannya dengan kerjasama ini kami mampu memberikan manfaat bagi dunia pendidikan”katanya. Arya juga menjelaskan kerjasama ini juga nantinya dapat dijadikan sarana riset dalam bidang pengembangan PLTS. Sebagai informasi tambahan bahwa Untirta akan menggunakan PLTS dengan kapasitas 1.07 Mwp dan hal ini membuat Untirta sebagai perguruan tinggi pertama yang menggunakan PLTS dengan kapasitas terbesar di Indonesia.