Workshop Pengelolaan Website Untirta hadirkan Narasumber Humas Ditjen Dikti Kemendikbudristek RI

Diposting pada

SERANG. Humas Untirta adakan kegiatan workshop tentang “Peningkatan kompetensi pegawai dalam mengelola website di lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa” yang diikuti oleh 51 orang peserta yang bertujuan memajukan citra institusi dan meningkatkan kualitas laman website ditingkat nasional maupun Internasional. Kegiatan ini juga guna mengoptimalisasikan website Untirta dalam program  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sesuai mandat dari Kemendikbud Ristek.

Dengan adanya workshop yang secara rutin di selenggarakan oleh Humas Untirta, diharapkan seluruh Lembaga, Fakultas dan Unit di lingkungan Untirta dapat berkolaborasi dan bersinergi dalam mengelola website. Untirta harus mampu mengakselerasi pemanfaatan teknologi serta pemberdayaan sumber daya manusia sesuai visi – misi yaitu sebagai Integrated Smart and Green (It’S Green) University di tingkat ASEAN tahun 2030. Penyelenggaraan acara Untirta menghadirkan narasumber Doddy Zulkifli Sub Koordinator Humas Ditjen Diktiristek RI dan Kepala UPT. Pusdainfo Untirta Anis Fuad, M.Si. Acara dibuka secara simbolis oleh Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., pada hari Kamis (4/11/2021) di ruang Convention Hall lt.1 Gedung Rektorat – Kampus Untirta Sindangsari. Hadir pula Wakil Rektor IV – Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd., Koordinator Bidang Kerjasama dan Humas- Veronika Dian Faradisa, S.E., M.M., Sub Koordinator Humas & Protokol – Adhitya Angga Pratama, S.I.Kom beserta seluruh tim humas.

Diawal kegiatan Koordinator Kerjasama dan Humas Untirta Veronika DIan Faradisa, SE., MM melaporkan kegiatan kepada Rektor, WR 4 dan seluruh peserta. “Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM Untirta dalam mengelola website karena website merupakan sumber informasi penting yang banyak di akses oleh masyarakat luas”, ujarnya. Ia menambahkan bahwa seluruh operator yang hadir nantinya akan dibuatkan akun sebagai kontributor untuk mewartakan dan menginformasikan kegiatan unitnya masing-masing dalam website utama.

Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., mengapresiasi dan resmi membuka kegiatan workshop peningkatan kompetensi pegawai dalam mengelola website di lingkungan  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. “Saya yakin dan percaya seluruh operator website di lingkungan Untirta dapat menjalankan tugasnya dengan baik, ini terbukti dengan peningkatan ranking webometric dan prestasi pada Anugerah Humas Dikti AHD tahun 2020 yang mendapatkan peringkat ke-3 katagori laman”, ungkap beliau.

Rektor menambahkan bahwa Untirta harus terus berlari mewujudkan visi misi, dan pengelolaan website ini selaras dengan visi dan misi Untirta karena dipantau dilevel nasional dan internasional. “Semoga pengelolaan website berbahasa Inggris Untirta juga terus ditingkatkan mengikuti perkembangan zaman, sehingga setelah dibukanya akses luar negeri masuk ke Untirta, kita sudah siap dan mampu menangkap peluang tersebut secara efektif, efisien dan sustainable.

Narasumber kegiatan Doddy Zulkifli selaku Sub Koordinator Humas Ditjen Diktiristek RI menyampaikan materi tentang pengelolaan konten yang menarik untuk website Lembaga. “Pengelolaan website tidak akan terpisahkan dari kehumasan, karena salah satu fungsi website yaitu memperkenalkan lembaga kita kepada khalayak, oleh karena itu sangat berkaitan sekali dengan peningkatan citra yang menjadi tujuan humas”, ujarnya. Ia juga memberikan tips dan trik pengelolaan website agar mengikuti perkembangan zaman dan sesuai dengan segmentasinya.

Kepala Pusdainfo Untirta Anis Fuad memberikan materi terkait pengelolaan website di Untirta. “Setelah berdiskusi dengan humas, kami berharap tahun depan dapat di usulkan kontributor artikel/berita/informasi/pengumuman dari seluruh unit kerja yang ada di Untirta agar penyebaran informasi semakin masif dan terstruktur di bawah kendali Humas dan Pusdainfo”, pungkasnya. (tma)