Pertama Kalinya Sejak Pandemic Covid 19, Untirta Gelar Wisuda OffLine Terbatas

Diposting pada

Serang, (30/10/2021) – Setelah beberapa kali Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menyelenggarakan wisuda on line, kemarin sabtu (30/10), Untuk pertama kalinya Untirta memberanikan diri mengadakan wisuda off line terbatas di auditorium Untirta kampus sindang sari dengan jumlah wisudawann sebanyak 450 wisudawan. Wisuda ini merupakan gelombang ketiga di tahun 2021. Koordinator kerjasama, Humas, dan Protokol, Veronika Dian Faradisa, SE.,MM mengaku penyelenggaraan wisuda off line terbatas sudah mendapat izin dari Tim Gugus Tugas Covid Kabupaten Serang.”kami pun telah disurvei oleh tim covid kabupaten serang dan banyak diberi masukan diantaranya penerapan prokes yang ketat dan jarak antar wisudawan harus 1 meter lebih, dan Alhamdulillah dapat kami penuhi mengingat jumlah  wisudawan dan panitia yang terlibat tidak sampai 50%nya dari kapasitas gedung yang dapat menampung hingga 2500 orang”.ungkapnya. Lebih lanjut Dian menerangkan alur masuk wisudawan yang menggunakan sistem drop off sehingga hanya wisudawan saja yang dapat masuk diantar kedalam kampus. “ya hanya wisudawannya saja, kalau orang tua/pendamping silahkan tunggu diparkiran di lahan yang telah kami sediakan”.tambahnya.

Meskipun wisudawan yang mengikuti Wisuda kali ini tanpa didampingi orangtua / wali / pendamping lainnya namun para peserta wisuda mengikuti jalannya acaranya dengan khidmat. Berikut isi pidato rektor saat wisuda digelar :

Bismillahirahmanirrahim,

Asslamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang saya hormati,

Para Profesor/Guru Besar Untirta yang terpelajar yang kami hormati

Para Anggota Senat Untirta yang kami hormati,

Pengurus Dharma Wanita Persatuan Unit Untirta yang kami hormati

Para wisudawan dan keluarga yang berbahagia, beserta para tamu  undangan yang kami muliakan,

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya yang tiada terhingga kepada kita semua, sehingga kita semua dapat hadir dalam keadaan sehat wal afiat dan bersama-sama melaksanakan wisuda gelombang III tahun 2021. Shalawat beserta salam tidak lupa kita limpah curahkan kepada Nabi Muhammad Shallahu ‘Alaihi Wassalam yang telah membimbing kita umatnya dari gelapnya zaman kejahiliyahan menuju zaman yang terang benderang akan ilmu pengetahuan serta teknologi seperti saat ini.

Bapak/Ibu hadirin sekalian yang berbahagia,

Pertama atas nama pimpinan institusi, Kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan/wati yang akan dinobatkan dengan gelar diploma, sarjana dan master. Kalian merupakan para Jawara Untirta yang dan unggul, tangguh dan utuh. Para Jawara Untirta yang hadir hari ini membuktikan kualitasnya baik secara akademik maupun non-akademik bahwa kalian mampu berjuang dan bersikap adatif dalam menghadapi pandemic Covid-19. Kalian merupakan lulusan yang merupakan hasil dari capaian visi dan misi Untirta yakni lulusan yang unggul, berkarakter dan berdaya saing di kawasan ASEAN.

Lebih lanjut, para lulusan Untirta yang hadir hari ini merupakan SDM unggul sebagai sebuah impak dari suatu kebijakan yang merespons tantangan disrupsi di berbagai bidang. Kebijakan Kampus Merdeka yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi adalah sebuah mandatory bagi seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk dapat memberikan akses dan kebebasan bagi para mahasiswa untuk dapat mengembangkan dirinya di luar prodi. Dan untuk mendukung terciptanya SDM unggul dan utuh di perguruan tinggi, perlunya penguatan ekosistem kampus sehat, kampus aman, dan kampus nyaman.

Kampus sehat sebagai sebuah ekosistem kampus merdeka senantiasa menjamin holistic wellness yang terdiri dari Kesehatan intelektual, emosional, spiritual, lingkungan, keuangan, pekerjaan, fisik dan social. Holistic wellness itu dapat muncul dan berkembang utamanya karena ada komitmen dan kebijakan pimpinan perguruan tinggi.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa berkomitmen penuh terhadap perwujudan kampus sehat melalui komitmen bersama dengan instansi pemerintah lainnya untuk siap dan sigap menciptakan kampus yang sehat. Karena apabila kampus tersebut sehat maka sebuah keniscayaan lulusannya memiliki kompetensi yang unggul, sehat baik jasmani, mental dan rohani. Untirta juga menjamin adanya kampus sehat melalui Peraturan Rektor, utamanya jaminan perlindungan terhadap kekerasan seksual di kampus sejak awal tahun. Syukur alhamdulillah berkat dorongan dan masukan dari berbagai PTN, Kemendikbudristek mengeluarkan Peraturan Pemerintah terkait pencegahan kejahatan seksual di lingkungan kampus.

Sejatinya melalui kampus sehat, maka kreatifitas dan inovasi para mahasiswa Untirta juga dapat terakselerasi dan berkembang untuk menghadirkan prestasi-prestasi membanggakan dalam kompetisi di level nasional dan internasional. Prestasi-prestasi tersebut hadir dari bidang akademik seperti Juara 1 Internasional Essay Writing, Gold Medals Idea Turkey Competition, Juara 2 Essay Competition, Food Innovation Competition dan Mengikuti program 1 semster di luar negeri melalui program International Inbound Student Mobility Award.

Selain itu, prestasi-prestasi membanggakan dan mengharumkan nama Untirta di kancah bidang non-akademik. Diantaranya capaian medali perak maupun perunggu di ajang PON XX di Papua yang baru saja selesai perhelatannya. Juara dalam katergori harapan di MTQ nasional serta juara di kompetisi E-Sport.

Prestasi-prestasi mahasiswa tersebut hanya Sebagian kecil dari prestasi-prestasi membanggakan lainnya dari para Jawara Untirta yang unggul dan utuh. Oleh karenaya, kami berharap kalian para lulusan Jawara Untirta untuk terus menjaga dan mengharumkan rumah kalian, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Kami juga berharap kepada para wisudawan dan wisudawati untuk terus meningkatkan kompetensi dan berinovasi karena inovasi adalah langkah perubahan, dan setiap perubahan membawa implikasi. Jadilah pelopor inovasi, dan percaya diri dan siap dengan resiko atas hasil inovasinya.

Kami sangat yakin kalian lah para SDM yang memiliki kompetensi keilmuwan di berbagai bidang dan SDM yang memiliki kesehatan fisik, mental dan rohani. SDM yang memiliki karakter Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius dan Akuntabel.

Bapak/Ibu hadirin sekalian yang berbahagia,

Perkenankan saya baik atas nama pribadi maupun sivitas akademika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dengan penuh kebanggaan mempersembahkan 450 orang wisudawan-wisudawati yang berhasil menamatkan pendidikan mereka di kampus tercinta Untirta.

Terdapat sebanyak 37 wisudawan/wati program Pascasarjana, 401 wisudawan/wati program Sarjana yang terdiri dari Fakultas Hukum 28 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 147 orang, Fakultas Teknik sebanyak 99 orang, Fakultas Pertanian sebanyak 31 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 46 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik sebanyak 50 orang, dan 12 wisudawan/wati program D3.

Dari 450 orang wisudawan/wati tersebut, terdapat 8 orang terbaik dalam setiap program studinya, antara lain:

  1. MUCHTAR ADJIR (Pascasarjana) dengan IPK 3,93
  2. YOSI EKA OCTAVIANTI (F.Hukum) dengan IPK 3,93
  3. RISMA PRI HANJANI (FKIP) dengan IPK 3,88
  4. OKI FARIDA OKTAFIA (F.TEKNIK) dengan IPK 3,81
  5. SISKA DWI PURWANINGSIH (F.PERTANIAN) dengan IPK 3,91
  6. HELENA SETYA UTAMI (FEB) dengan IPK 3,87
  7. SITI MAEMUNAH (FISIP) dengan IPK 3,86
  8. DINDA NURSETIAWATI (DIII) dengan IPK 3,87

Bapak/Ibu hadirin sekalian yang berbahagia,

Mengakhiri pidato ini, saya ingin menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangga kepada para orang tua wisudawan. Semoga warisan ilmu dan investasi amal kebaikan bapak/ibu orang tua wisudawan/wati diberkahi Allah SWT. Dan Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Serang, 30 Oktober 2021

Rektor,

Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T.