Untirta Selenggarakan Diskusi dan Urun Saran Bersama Alumni dan Stakeholder tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Diposting pada

Diskusi dan Urun Saran Bersama Alumni dan Stakeholder tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Serang, Untirta selenggarakan kegiatan  Diskusi dan Urun Saran Bersama Alumni dan Stakeholder bahas tentang  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam rangka Dies Natalis ke-40 Untirta yang dilaksanakan bertempat di Ruang Multimedia Gedung Rektorat Untirta Kampus Sindangsari pada hari Sabtu (02/10/2021) diawali sebagai simbolis dan pembukaan oleh Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., acara di hadiri pula Wakil Rektor Bidang Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si., Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd., Para Dekan Fakultas Untirta, Ketua LPPM Dr. Rusmana, Ir. MP., Kepala BUKK Deden Hery Hermawan, S.E., MM., Para Koordinator dan Subkoordinator di lingkungan Untirta, dan peserta Diskusi secara Hybrid (Luring dan Daring) dengan pembatasan peserta yang hadir Luring dan Prokes secara ketat.

Sebelumnya Untirta telah mengundang stakeholder pada acara sidang terbuka Senat kemarin pada tanggal 01/10/2021 berpesan khusus kita gemakan dalam rangka Dies Natalis ke-40 Untirta yaitu “Bersinergi, Berinovasi, Berprestasi Membangun Negeri di Masa Pandemi”, maka dari itu Untirta dengan tangan terbuka Bersinergi dengan berbagai stakeholder yang termasuk yang diundang pada kesempatan diskusi dan suru saran yang diadaka kali ini.” Tutur Rektor.

Kemudian Rektor sangat mengapresiasi kepada seluruh stakeholder dan jajaran panitia yang setia atas aktifitas dan menumbuh kembangkan dari berbagai akses dan termasuk dari industri, dengan tangan terbuka Untirta menyiapkan diri untuk Bersinergi dan berkolaborasi guna mendorong lajunya inovasi berguna bagi masyarakat Banten dan Indonesia Maju dengan prestasi terbaik bagi pembangunan sumberdaya manusia unggul dan berkarakter dalam mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang di mandatkan Kemendikbudristek RI. Besar harap kepada peserta pada kesempatan kali ini menginformasikan ke kolega-kolega yang lain dan terus bersambung dikesempatan yang lain tidak hanya sampai disini.”unkapnya.

Dalam usia yang matang ke 40 tahun sudah mulai punya spirit baru, Untirta memperingati Miladnyadi usia ke-40 siap mengimplementasikan MBKM sebagaimana telah disampaikan oleh Menteri BUMN RI Erick Thohir Untirta dan Perguruan Tinggi lainnya agar bisa mendorong dan berkolaborasi dengan bersinergi bersama BUMN sebagai kebijakan Kemendikbudristek RI, dimana mahasiswa bisa magang selama 2 semester diluar perguruan tingginya dengan perusahan, industri, media lainnya dalam 8(delapan) program yang didorong oleh Kementerian agar kuliah/magang diluar tidak hanya dikelas atau perguruan tingginya tersebut baik secara online ataupun offline di masa Pandemi pada saat sekarang.”papar Warek bidang 1.

Berharap kedepan kepada stakeholder dan peserta yang hadir luring dan daring di kesempatan kali ini semoga bisa membuka program-program dan kegiatan MBKM secara lebih teknis lagi guna pencapaian sebagai indikator penilaian-penilaian kinerja utama Untirta sesuai IKU, dengan melakukan kerjasama dan bersinergi bersama perusahaan-perusahaan dan industri sebagai pendukung program MBKM.”harapnya.

Menambahkan pada Diskusi dan suru saran tentang MBKM menurut Warek Bidang 4 Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd, bahwa Negara menjamin terhadap pendidikan bangsa sesuai UUD, dan sudah barang tentunya dilanjutkan dengan peraturan-peraturan dan program-program seperti yang telah di lakukan oleh Nadiem membuat program Merdeka Belajar  Kampus Merdeka sebagai indikator kinerja utama untuk mencapai sumberdaya manusia yang unggul. Harapan dengan adanya MBKM para mahasiswa bisa siap kerja, meciptakan lapangan kerja dan berdaya saing, sebagai haknya maka Perguruan Tinggi seperti Untirta harus bisa memfasilitasinya untuk keperluan mahasiswa dengan cara bekerjasama, bersinergi dan berkolaborasi bersama perusahaan-perusahaan, industri dan media lainnya. Besar harapan Sebagai Indonesia Unggul dan Maju maka dari itu kita harus bersama-sama bekerjasama untuk meraihnya, dengan program-program MBKM yang ada supaya mahasiswa memanfaatkan dengan baik apapun yang telah dicanangkan oleh pemerintah seperti halnya dalam 8program yang ada di MBKM yaitu pertukaran pelajar atau magang diluar atau diperusahaan-perusahaan dengan didampingi oleh Dosennya sebagai pengimplementasian MBKM sesuai kebijakan Kemendikbudristek RI.”tutur beliau.(tma)