Untirta dan FRI Serius Mencari Solusi Penanganan dan Pemanfaatan Limbah Plastik Berkelanjutan

Diposting pada

Cilegon – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) bersama Forum Rektor Indonesia (FRI)  menyelenggarakan kegiatan webinar nasional dengan tema penanganan dan pemanfaatan limbah plastic berkelanjutan secara daring. Hadir pada kesempatan tersebut Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT, Ketua FRI Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU ASEAN Eng, dan menghadirkan beberapa narasumber terkait, perwakilan Industri, Kementerian Lingkungan Hidup, pemerintah daerah Kota Cilegon dan Dekanat Fakultas Teknik Untirta dan tamu undangan serta peserta yang hadir secara daring. (15/9)

Rektor Untirta yang ditugaskan sebagai Ketua Pokja Lingkungan dalam FRI menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pencarian upaya terbaik dalam penaganan  limbah plastic berkelanjutan. “Ini erupakan objek riset penting di dunia akademik”, ujarnya. Hasil dari kegiatan ini akan menjadi rekomendasi bagi pemerintah dalam mencari solusi terkait limbah plastik. “Semoga ini menjadi sumbangsih yang baik untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Ketua FRI Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU ASEAN Eng menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pertama bagi FRI pada kepengurusan tahun 2021 dan 2022. “FRI menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Untirta atas kegiatan ini, mudah-mudahan kegiatan ini memberikanmanfaat bagi kita semua dan dapat memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah dan pemerintah pusat terkait dengan bagaimana pengelolaan limbah plastik secara berkelanjutan”, ujarnya. Ia menambahkan bahwa dengan semakin meningkatnya perhatian kita terhadap lingkungan hidup, maka penanganan limbah harus betul-betul mendapat perhatian besar untuk penyelamatan bumi.”Penanganan sampah plastik di rumah tangga masih belum disiplin. Akademisi harus membuat skema agar penanganan limbah dari hulu sampai hilir dapat ditangani dengan sebaik-baiknya”, imbuhnya. Ketua FRI membuka acara secara resmi.

Narasumber kegiatan yaitu Direktur Pengelolaan Sampah KLHK Novrizal Tahar dengan materi pengelolaan sampah Indonesia road to 2025, VP Corporate Relations and Sustainability PT Chandra Asri Petrochemical Tbk Edi Rivai yang memberikan materi tentang konsep sirkular ekonomi untuk pengelolaan sampah plastic Indonesia, Nana Sumarna, SH., M.Si Plt. Kepala Bidang PSI B3 DLH Kota Cilegon yang membawakan materi tentang peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengelolaaan kebersihan dan Dr. Rahmayetty, ST., MT Akademisi FT Untirta dengan materi Bank sampah digital sebagai implementasi pengolahan sampah plastic berbasis ekonomi sirkular.