Sedang berlangsung Workshop Digital Animation #1. Program Kompetisi Kampus Merdeka 2021, Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta.

Diposting pada

Serang. 25 Juli – Bagaimana membuat film animasi jika kita tidak berbakat menggambar? Percaya atau tidak ternyata bakat menggambar hanya dibutuhkan 20% dalam membuat film animasi, 80% sisanya adalah kemauan belajar dan latihan. Diskusi ini muncul dalam pengantar materi workshop Digital Animation #1 yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta Minggu (25/7). Workshop yang diadakan secara daring ini merupakan seri pertama dari rangkaian workshop peningkatan kemampuan dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam keilmuan animasi, foto dan videografi. Kegiatan ini berlangsung dari selama enam hari sampai tanggal 30 Juli mendatang, diharapkan peserta dapat menghasilkan karya film animasi sederhana di akhir kegiatan

 

Perkembangan teknologi komunikasi yang pesat, membuat konten-konten digital semakin marak. Kebutuhan digitaliasasi konten ini kemudian dibarengi dengan muncul sebuah profesi baru dengan banyak peminat, yaitu content creator. Namun seringkali content creator baru yang lahir ini hanya bermodalkan keberanian dan meniru konten sebelumnya yang sudah viral.

 

Kebutuhan pengetahuan dan keterampilan menciptakan konten digital yang baik untuk berbagai platform media ini, sangat penting dimiliki oleh mahasiswa komunikasi. Menanggapi hal tersebut, Prodi Ilmu Komunikasi menyusun sebuah paket workshop dengan menghadirkan para pakar di bidangnya. Untuk seri 1 ini pemateri yang hadir adalah Costmast T. Susanto, pelaku usaha industri kreatif dan producer program televisi; Firmansyah Rachim, Graphic Designer; Pendi Mulyadi, Digital Animator; dan Nurlela, Visual Content Analysis.

 

Dalam sambutannya, Dekan FISIP, Prof. Dr. H. Ahmad Sihabudin menyatakan harapannya agar workshop ini menghasilkan output yang baik dan bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan FISIP. Sihab berharap mahasiswa bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan dapat menciptakan bibit- bibit content creator yang berkualitas.

 

Dalam kesempatan yang sama, Kaprodi Ilmu Komunikasi, Dr. Idi Dimyati menyatakan bahwa Program Sudi Ilmu Komunikasi merupakan salahsatu dari tiga prodi di Untirta penerima hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka(PKKM) 2021. Prodi Ilmu Komunikasi ditetapkan sebagai Center of Excelence di bidang Digital Content Creator. Maka prodi dalam waktu dekat akan kembali menyelenggarakan seri lanjutan yaitu Workshop Digital Animation 2, Workshop Digital Content 1 dan Digital Content 2.

 

Ketua panitia workshop, Dr. Nurprapti W melaporkan antusiasme mahasiswa cukup tinggi. Ia mencatat mahasiswa yang mendaftar hampir 300 orang, namun karena kuota terbatas maka panitia memutuskan menyelenggarakan melalui dua platform yaitu Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube. Nurprapti berharap antusiasme ini dapat terjaga sampai hari terakhir workshop seri 1, bahkan berlanjut ke seri-seri berikutnya.

 

Narahubung

Nurprapti W

08129529058