Tim Pendampingan Fisik di Kabupaten Pandeglang Program Kerjasama Untirta dan BNPB Lakukan Survei Lapangan

Diposting pada

Tim Pendampingan Pemulihan & Peningkatan Fisik Sektor Pemulihan & Infrastruktur  pasca bencana tsunami Kabupaten Pandeglang didampingi oleh Sekretaris Pelaksana BPBD Pandeglang Dedi Alparisi, SST melaksanakan survey lapangan pada hari Kamis 3 Juni 2021. Tim melaksanakan survei lapangan ke 32 unit rumah huntap di Kampung Cibenda Desa Sukarame Kecamatan Carita dan 208 unit rumah huntap di Kampung Sepen Desa Banyumekar Kecamatan Labuan. Survey lapangan ini bertujuan untuk memperoleh data sekunder maupun primer berupa data  studi dan konstruksi  pengerjaan,  pemulihan dan peningkatan fisik pasca bencana  yang dibutuhkan  dalam kegiatan Pendampingan Pemulihan dan Peningkatan Fisik Sektor Permukiman dan Infrastruktur di Kabupaten Pandeglang.

Ketua tim pendampingan fisik di Kabupaten Pandeglang Dr. Hj. Enggar Utari, S.Si., M.Si menyatakan bahwa kegiatan survey lapangan tersebut hal-hal yang dilakukan meliputi beberapa indikator seperti  kondisi bangunan, fasilitas perhubungan (transportasi), air bersih, sanitasi dan listrik. “Apakah bangunan tersebut berfungsi penuh dan baik sehingga proses kegiatan yang terjadi di dalamnya dapat berlangsung dengan lancar, nyaman dan aman seperti semula atau bahkan lebih baik”, ujarnya. Selain itu fasilitas perhubungan juga apakah  berfungsi kembali secara penuh seperti semula secara lancar, nyaman dan aman untuk mendukung kegiatan perekonomian dan social. “Jaringan air bersih apakah berfungsi kembali pelayanan air bersih untuk masyarakat, perkantoran, industri dan fasilitas umum lainnya dapat berjalan sepenuhnya”, imbuhnya.

Salah satu anggota tim Ratih Purnamasari, SE., M.Ak menambhakan bahwa timnya memastikan terkiat sanitasi dan pasokan listrik. “Jaringan pelayanan sanitasi apakah dapat berfungsi dengan baik untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan menjaga lingkungan dari kerusakan akibat pencemaran limbah”, katanya. Selanjutnya tim juga memastikan apakah jaringan listrik berfungsi kembali sehingga pasokan listrik bagi berbagai jenis pemakai dapat berjalan dengan baik secara penuh dan andal. (Ratih)