Wujudkan Visi, Untirta dan UNJ Bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, Jepang Implementasikan Kampus Merdeka

Diposting pada

Untirta – Rektor Untirta mengikuti penanda tanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama antara Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo Jepang dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) secara daring dan luring terbatas (6/5). Hadir pada kesempatan tersebut Duta Besar Indonesia di Jepang Heri Akhmadi, Prof. Komarudin Rektor UNJ beserta jajaran, Prof. Dr. Ir.H. Fatah Sulaiman, ST., MT Rektor Untirta beserta jajaran, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNJ Liliana, beserta tamu undangan.

Duta Besar Indonesia di Tokyo Jepang Heri Akhmadi  dalam sambutannya menyampaikan bahwa kesepakatan kerjasama ini demi kemajuan pendidikan Indonesia. “Pada kesempatan hari ini, saya sangat menghargai ajakan kerjasama dari UNJ dan Untirta dalam kaitan untuk memberikan manfaat positif semua pihak”, ujarnya. Ia menambahkan bahwa kerjasama yang dilakukan saat ini merupakan kontribusi aktif untuk mensuport program pendidikan yang dicanangkan oleh Pemerintah. “Kedepan KBRI juga akan berupaya mendorong dan menjembatani terwujudnya kerjasama antara UNJ dan Untirta dengan perguruan tinggi atau institusi penelitian di Jepang dalam upaya implementasi program merdeka belajar”, pungkasnya.

Diawal sambutan Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT.”Saya atas nama pimpinan Untirta selaku Rektor dengan ini menyampaikan penghargaan yang tinggi atas inisiatif secara proaktif dari Duta Besar RI di Tokyo Jepang dan UNJ untuk bersama sama menuangkan kesepakatan dalam bentuk nota kesepahapan yang akan kita tandatangani bersama pada pagi hari ini. “Kerjasama ini akan menjadi salah satu komitmen Untirta sebagai perguruan tinggi negeri di Provinsi Banten untuk mendukung dan terus mengoptimalkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dalam implementasi layanan tridharma perguruan tinggi secara profesional dan proporsional antara Kedubes Ri di Jepang dengan UNJ dan Untirta”, ucap Rektor. Di akhir sambutan ia mengatakan bahwa Untirta berharap kerjasama ini dapat terealisasi melalui berbagai kegiatan yang menunjang peningkatan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi khususnya terkait implementasi kampus merdeka dan merdeka belajar. “Kami juga siap mendorong kemajuan sekolah RI di Tokyo dengan apa yang kita miliki”, pungkasnya.

Rektor UNJ  Prof. Komarudin menyampaikan perguruan tinggi harus responsif dalam memerankan fungsinya guna melahirkan SDM yang unggul, adaptif, kompetitif dan berkarakter sesuai dengan perkembangan jaman. “Desain dan implementasi pendidikan tinggi didorong untuk menyiapkan SDM yang memilki kompetensi holistic, baik secara softskill maupun hardskill”, kata Rektor UNJ. Diakhir sambutan ia berharap semoga dengan nota kesepahaman yang akan ditandatangani ini dalam nuansa hari pendidikan nasional, bulan suci ramadhan dan dies natalis ke 57 UNJ dapat segera direalisasikan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan pendnatanganan nota kesepahaman antara Kedutaan Besar Indonesia di Tokyo Jepang dengan Untirta dan UNJ secara daring.