Kick off Meeting Tim Pendampingan Ekonomi dan Sosial Program Kerjasama BNPB dengan Untirta

Diposting pada

Untirta – Tim pendampingan ekonomi dan sosial program kerjasama BNPB dengan Untirta memasuki tahapan kick off meeting. Tahapan ini dilaksanakan secara daring pada hari Rabu, 28 April 2021. Seperti diberitakan sebelumnya bahwa penandatanganan kontrak yang semua di tanggal 20 April di revisi menjadi tanggal 21 April 2021. Segera setelah penandatanganan kontrak tim langsung menyusun tahapan untuk melaksanakan program ini sesuai dengan komitmen dan aturan yang telah disepakati. Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri (Warek 4) Untirta Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd beserta tim pendampingan ekonomi dan sosial, serta Direktur PPSE – SDA BNPB Dr. Yolak Dalimunthe beserta jajaran BNPB.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri (Warek 4) Untirta Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd mengawali acara menyampaikan terimakasih karena BNPB masih mempercayai Untirta pada pelaksanaan program tahun kedua ini. “Program yang menjadi pembeda di tahun kedua ini yaitu yang sebelumnya di Pandeglang pendampingan ekonomi, menjadi pembinaan pendampingan ekonomi dan tahun ini ada pendampingan fisik”, ujarnya. Ia menyampaikan bahwa tim sudah turun ke lapangan untuk memndapatkan data yang detail dan akurat sehingga program tidak salah sasaran dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terdampak bencana sesuai dengan kebutuhan yang telah diklasifikasi (sub sektor). “Dengan turun ke lapangan, tim mendapatkan data yang lebih jelas untuk bahan diskusi sehingga dapat dituangkan kedalam proposal khusunya untuk menentukan metodologi yang tepat.

Direktur PPSE – SDA BNPB Dr. Yolak Dalimunthe menyampaikan bahwa kegiatan kick off meeting ini untuk mendapatkan data awal terkait program kerja, jadwal, perkenalan tim dan metodologi yang digunakan. “Kami ingin melihat perencanaan tim dan apa yang akan dilakukan untuk mensukseskan program ini terkait rencana program kerja, jadwal, tim dan metodologi yang digunakan. Kami juga meminta tambahan laporan yaitu laporan bulanan untuk kami dapat melihat sejauh mana progres yang dilakukan oleh tim”, ujar Dr. Yolak.

Pada kesempatan tersebut tim pendampingan ekonomi melakukan presentasi terlebih dahulu yang diwakili oleh Dr. Deswita Herlina, SE., MM dan Dr. Aan Hendrayana., M.Pd selaku anggota dan sekretaris tim. Selanjutnya presesntasi pendampingan sosial yang diwakili oleh Dr. Mirajiani, SP., M.Si selaku ketua tim. Pemaparan fokus kepada point yang ingin dilihat oleh BNPB seperti dijelaskan di atas.

Semoga program ini berjalan lancar yang diagendakan akan beralangsung selama enam bulan dan bermanfaat bagi masyarakat terdampak bencana di Provinsi Banten.