Fakultas Kedokteran Untirta Hadirkan Prof. Cheng Hwee Ming, Ph.D dalam Guest Lecture bertajuk “Henle and Homeostasis: U-tube of Kidneyland”

Diposting pada

CILEGON (5/4/2021) – Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menghadirkan Prof. Cheng Hwee Ming, Ph.D dari Department of Physiology University of Malaya secara daring dalam Guest Lecture bertajuk “Henle and Homeostasis: U-tube of Kidneyland”. Prof. Cheng ialah seorang dosen sekaligus ahli fisiologi kardiovaskuler yang telah menerbitkan sejumlah buku mengenai fisiologi.

Webinar yang dimoderatori oleh spesialis Kedokteran Forensik, dr. Baety Adhayati, Sp.F ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan disaksikan pula oleh Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T dan Dekan Fakultas Kedokteran Untirta, Dr. dr. Siti Farida, M. Kes, Ph. D.

Rektor mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Prof. Cheng yang bersedia berbagi ilmu, juga kepada Fakultas Kedokteran Untirta yang tetap bersemangat menghidupkan aktivitas akademi kendati masih berada dalam situasi pandemi. “Over the last 2 years, our academic activities faced challenge, but the spirit remains exist. Our concern is to bring synergy between researchers and industry. This webinar signifies contribution of untirta as leading university in Banten Province.” Ujarnya. Rektor pun mengharapkan terjalinnya kerja sama lain antara Untirta dengan University of Malaya di kemudian hari.

Prof. Cheng menampilkan bahan ajar yang memuat poin-poin sederhana dan ilustrasi yang menarik, serta memperkenalkan sejumlah lagu dengan lirik yang dimodifikasi untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami materi. Beberapa lagu yang beliau modifikasi liriknya adalah “Rasa Sayange” dan “You Raise Me Up”. Beliau mengungkapkan bahwa hal ini dilakukan agar kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan dan hal-hal penting mudah diingat.

Beberapa hal yang dibahas oleh Prof. Cheng dalam Guest Lecture ini ialah proses ekskresi, osmoregulasi, pentingnya ginjal dalam menjaga keseimbangan asam-basa (pH), keseimbangan sodium dalam ginjal, dan lainnya. Tak hanya menyampaikan materi, Prof. Cheng secara aktif memberikan pertanyaan kepada mahasiswa.

Dr. dr. Siti Farida menganggap Guest Lecture ini sangat bermanfaat tak hanya bagi mahasiswa, tetapi juga dosen Fakultas Kedokteran Untirta. Terkesan dengan gaya mengajar Prof. Cheng yang menyenangkan, beliau berharap Prof. Cheng dapat kembali hadir dalam kulia-kuliah selanjutnya. “This lecture is very useful for our student and lecture to learn and understand it in a fun way. We hope professor is willing to lead the other lecture in the future.” Pungkasnya. (Humas – Sekar)