Ranking Webometrics Untirta Naik Tajam

Diposting pada

Serang – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) berhasil meraih ranking Nasional ke 46 webometrics pada bulan Januari 2021, sebelumnya pada bulan Juli 2020 Untirta berada pada ranking  59. Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT menyampaikan bahwa capaian ini merupakan buah dari kerja keras sivitas akademika Untirta. “Bukti bahwa strategi penguatan infrastruktur smart kampus seperti aplikasi, mewajibkan pelayanan daring, agresifitas humas dan pusdainfo dalam mengelola website untirta.ac.id, menjadikan kita dapat meraih hasil ini”, ujarnya. Rektor berharap prestasi ini dapat  dipertahankan dan ditingkatkan. Rektor menargetkan perankingan berikutnya Untirta dapat berada di posisi 25 besar tingkat Nasional. “Banyak strategi yang kita rasakan manfaatnya, tinggal ditingkatkan secara berkesinambungan”, pungkasnya.

Kepala Pusdainfo Anis Fuad pada saat dihubungi menyampaikan bahwa Untirta dalam webometrics setiap semesternya selalu menunjukan kenaikan yang signifikan. “Alhamdulillah lompatannya selalu tinggi dan mudah-mudahan konsisten”, ujarnya. Beliau menambahkan bahwa Pusdainfo Untirta melakukan berbagai upaya dan strategi untuk mendapatkan hasil ini. “Strategi saat ini kita tekankan ke presence dan visibility dengan memperbanyak blog mahasiswa dan dosen. Alhamdulillah ada 2000an site mahasiswa Untirta yang menghasilkan backlink”, ungkapnya. Selain itu, dirinya juga menyampaikan bahwa untuk openness membuat eprints Untirta dan terindex google scholar. “Untuk excellence ada di jurnal Untirta, Alhamdulillah jurnal Untirta aktif semua”, ungkapnya. Kepala Pusdainfo juga menghimbau bahwa seluruh dosen Untirta menggunakan email resmi Untirta (@untirta.ac.id), karena sangat berpengaruh terhadap webometrics. “Mahasiswa se Untirta saja sudah menggunakan email resmi Untirta, kami berharap seluruh dosen Untirta juga seperti itu, dan Pusdainfo siap melayani pembuatan email resmi dosen tersebut”, serunya. Ditanya soal target kedepan, beliau menjawab “InsyaAllah Untirta dapat meningkat ke ranking 30 Webometrics Nasional”, pungkasnya.

Veronika Dian Faradisa Kasubag Humas Untirta menyampaikan bahwa pencapaian ini merupakan kerjakeras dan kolaborasi sivitas akademika Untirta yang leading sektornya ada pada pusdainfo. “Humas dan Pusdainfo selalu bekerjasama dalam tujuan peningkatan prestasi dan citra lembaga”, ujarnya. Beliau menambahkan bahwa kedepan pencapaian ini harus lebih ditingkatkan untuk mencapai visi misi Untirta sebagai kampus yang smart and green di Kawasan ASEAN tahun 2030.