Untirta Menginisiasi Perguruan Tinggi Se-Banten Dalam Rencana Pembentukan LLDIKTI Banten

Diposting pada

Serang 1 Juli 2020 – Untirta menyelenggarakan rapat bersama seluruh Perguruan Tinggi se-Provinsi Banten, bertempat di ruang rapat Rektorat Kampus A Pakupatan Kota Serang. Hadir pada kesempatan tersebut Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT, Wakil Rektor bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd, Mantan Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd, Ketua Aptisi Banten Dr. Po Abas Sunarya dan Rektor dan Ketua Peguruan Tinggi se-Banten.

Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT atas nama institusi pengundang mengucapkan selamat datang dan mengapresiasi tamu undangan yang hadir baik datang langsung dan melalui daring dikarenakan kondisi pandemi covid-19. Kegiatan ini bertujuan yang pertama adalah untuk silaturahmi, bagaimana pengelolaan organisasi perguruan tinggi di Provinsi Banten. “Kira-kira bagaimana jika LLDIKTI Banten di bentuk, berprinsip efektif dan efisien”, ujar Rektor. Sementara ini kita masih menginduk ke LLDIKTI Jawa Barat.

Ada informasi sebagai basis dasar calon mahasiswa baru di Banten diambil dari data SNMPTN. “Data SNMPTN ini murni sebagian besar bersasal dari sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Banten”, ujar Rektor. Pengutaan perguruan tinggi di Banten adalah prioritas utama dalam upaya mencerdaskan anak bangsa.

Ketua Aptisi Banten Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si mengatakan bahwa Aptisi Banten masuk ke wilayah 4B. “Aptisi selalu belajar untuk menjadikan perguruan tinggi lebih maju”, ujarnya. Semua menyambut baik dalam rencana pembentukan LLDIKTI Banten. “Saya menangkap tentang kondisi calon mahasiswa yang ada di Banten, ini membutuhkan koordinasi dan komunikasi secara berkesinambungan”, ungkapnya.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Dr. H. Aceng Hasani., M.Pd memimpin jalannya rapat tersebut. Beliau menyampaikan bahwa ada dua hal yang di bahas dalam acara ini yaitu terkait dengan kondisi mahasiswa di Banten di era covid-19 ini dan rencana pembentukan LLDIKTI. “Untirta membuka ruang seluas-luasnya untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Banten”, tegasnya.

Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd menyampaikan bahwa pentingnya pembentukan LLDIKTI Banten dikarenakan sangat luasnya wilayah kerja LLDIKTI Jawa Barat – Banten. “LLDIKTI Banten diharapkan dapat mengakselesari kemajuan perguruan tinggi di Banten”, harapnya.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dari tema tersebut.