Wisuda Gelombang III Untirta Tahun 2019

Diposting pada

Sindang Sari Kabupaten Serang, (27/11/2019) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan acara wisuda Diploma ke-36, Sarjana ke-47, dan Pascasarjana ke-24 Gelombang III Tahun 2019 yang bertempat diGedung Auditorium Kampus Untirta Sindang Sari Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang. Pada acara Wisuda tersebut dihadiri oleh Gubernur Banten, Dr. H. Wahidin Halim, M.Si, Rektor Untirta Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT, Para Profesor Guru Besar Untirta, Para Anggota Senat Akademik Untirta, Ketua dan anggota Dewan Pertimbangan Untirta, Para Wakil Rektor, Para Dekan Direktur Pascasarjana Untirta dan Para Ketua Lembaga, Para Wakil Dekan, Wakil Direktur Pascasarjana dan sekertaris Lembaga, Unsur Muspida Provinsi Banten dari anggota DPRD Provinsi, Unsur Muspika Camat Pabuaran beserta Lurah, Pimpinan Prodi dilingkungan Untirta, Ketua IKA Untirta, Para Pimpinan Perguruan Tinggi, Pengurus Darma Wanita Persatuan Untirta, Mitra Strategis Untirta baik dari Perbankan dan Industri, para wisudawan dan para orang tua, para tamu undangan lainnya.

Rektor Untirta Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT dalam pidato sambutannya menyampaikan bahwa kita semua hadir disini menjadi saksi sejarah dipergunakannya acara perdana ruang Auditorium yang sebetulnya belum selesai baru 80 persen, tapi untuk memotivasi spirit semangat kita untuk terus melaksanakan pembangunan memenuhi sarana prasaranayang berkualitas dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dan ini patut kita syukuri yang berlipat, disamping itu juga Rektor memohon maaf disana-sini dirasakan kurang nyaman, inilah bukti semua yang hadir turut berjuang bersama mendoakan untuk tuntasnya pembangunan kampus Sindang sari Untirta. Rektor Untirta mengapresiasi perjuangan para pendiri Untirta, dan Rektor Untirta telah tunaikan keinginan Rektor sebelumnya yaitu Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd yang ingin melihat aula dipake untuk wisuda. Pada sambutannya juga Rektor Untirta mengapresiasi Gubernur Banten Dr. H. Wahidin Halim karena komitmen Gubernur terhadap pembangunan dan telah menggolkan tercapainya cita-cita pendirian fakultas Kedokteran Untirta dibawah kepemimpinan Prof. Dr.H. Sholeh Hidayat, M.Pd. Selanjutnya Rektor menerangkan Kampus Sindang sari ini akan dibangun seluas 40 hektar namun yang baru dibangun 11,7 hektar yang didanai oleh IsDB ( Islamic Development Bank) akan diperluas dan dikembangkan sesuai kebutuhan pendidikan dimasa depan menjadi kampus yang terintegrasi dan green University yang memiliki daya saing dikawasan ASEAN Tahun 2030. Selanjutnya Rektor melaporkan seribu wisudawan yang berhasil menamatkan pendidikan mereka dikampus Untirta dengan rincian sebagai berikut :

  1. Pascasarjana sebanyak 144 orang
  2. Fakultas Hukum sebanyak 83 orang
  3. FKIP sebanyak 236 orang
  4. Fakultas Teknik sebanyak 142 0rang
  5. Fakultas Pertanian sebanyak 63 orang
  6. Fakultas Ekonomi dan Bisnis 189 orang terdiri Diploma III sebanyak 59 orang
  7. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik sebanyak 84 orang

Terdapat sebanyak 374 wisudawan yang mendapat predikat Cum Laude, dan 8 orang wisudawan/ti terbaik dalam setiap programnya yaitu :

  1. Ela Priastuti Mirlanda Prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana IPK 3,99
  2. Alvin Setiawan Yusuf Fakultas Hukum IPK 3,88
  3. Tyas Siti Nur Asiyah Prodi Sosiologi FKIP IPK 3,98
  4. Reno Prasetyo Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik IPK 3,78
  5. Winda Wati Prodi Agroekoteknologi Faperta IPK 3,90
  6. Indah Indarti Prodi Akuntansi FEB IPK 3,87
  7. Sri Muliani Sari DIII Prodi Manajemen Pemasaran FEB IPK 3,89
  8. Hani Maulia Prodi Komunikasi FISIP IPK 3,84

Pada akhir Pidatonya Rektor Untirta mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikannya di Untirta dan semoga dapat memacu untuk lebih bekerja keras dalam memberikan sumbangsih karya terbaik yang bermanfaat bagi masyarakat.

Gubernur Banten Dr. H. Wahidin Halim, M.Si pada kesempatan sambutannya menyampaikan bahwa Gubernur Banten terinspirasi apa yang dilakukan oleh Sultan Ageng Tirtayasa ada dua hal yang dilakukan pada waktu itu membangun pendidikan dan membangun ekonomi pertanian dan sawah luhur hasil dari cetakan sawah mencetak sawah-sawah dan mendukung ekonomi masyarakat digerbang pendidikan dunia seperti madrasah dan pesantren. Saya bangga selaku Gubernur Banten melihat berkembangnya Untirta. Gubernur Banten menyampaikan kepada para alumni bahwa beliau butuh guru honor sebanyak seribu orang lagi dan saya SK kan melalui SK Gubernur Banten dan ini komitmen saya, ucapnya. Pada kesempatan yang sama gubernur Banten menerangkan bahwa pendidikan salah satu cara dalam rangka meningkatkan kualitas manusia Indonesia, kalau maju berkualitas pendidikan harus diperhatikan, terangnya. Beliaupun  mengatakan tahun ini sedang merancang beasiswa sebanyak 1000 beasiswa bagi mahasiswa perguruan tinggi tinggal kita buat juklak juknisnya.dan nanti akan ditambah menjadi 2000 mahasiswa harus mendapatkan beasiswa dari Pemerintahan Provinsi Banten. Dan beliau akan membangun sport center dan kita buka pintu berbatasan dengan kampus Untirta Sindang sari dan akan dibangun stadion buat temen-temen mahasiswa yang mau berolahraga, dan tak kalah menariknya gubernur akan membuat Tol yang bisa masuk kekawasan sport center dan kampus Untirta Sindang sari dan beliau ingin disini menjadi kota pendidikan, sekaligus juga beliau akan melebarkan jalan utama menuju kampus Untirta Sindang sari. Pada akhir sambutannya beliau menyampaikan selamat kepada para wisudawan Untirta dan kata sambutan terakhirnya beliau berpantun yaitu dari jakarta ke pondok aren Untirta memang keren, tutupnya. ( Anas-Humas )