Dosen CPNS Untirta Raih Predikat Terbaik Dalam Latsar Angkatan VIII Tahun 2019

Diposting pada

Siti Asyiah selaku Dosen CPNS Untirta Raih Predikat Terbaik Dalam Latsar Angkatan VIII Tahun 2019, prosesi penganugrahan dilakukan oleh Ir. Wisnu S. Soenarso, M.Eng selaku Kepala pusat pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi (Kemenristekdikti) bertempat di Kampus Pusidklat Kemenristekdikti Serpong Tangerang Selatan.

Pelatihan Dasar CPNS Angkatan VIII Tahun 2019 berdasarkan laporan Dr. Ir. Lanjar, M.Si selaku Kepala Bidang Program dan Kerjasama, diselenggarakan sejak 8 Juli 2019 s.d 14 September 2019, selama 511 jam pelajaran dan dilaksanakan selama 51 hari yaitu On Campus selama 21 hari di Kampus Pusdiklat Kemenristekdikti dan Off Campus selama 30 hari kerja di unit kerja masing-masing peserta.  Peserta Pelatihan Dasar CPNS Angkatan VIII Tahun 2019 berjumlah 40 orang peserta yang berasal dari Unit Utama 12 orang, perguruan tinggi negeri (PTN) 27 orang, dan LLDIKTI III 1 orang. Berdasarkan hasil evaluasi secara keseluruhan seluruh peserta dinyatakan lulus, peserta yang memperoleh kualifikasi sangat memuaskan 16 orang, sedangkan peserta yang memperoleh kualisifkasi memuaskan berjumlah 24 orang. Secara keseluruhan, tiga peserta yang memperoleh predikat terbaik yaitu 1. Johni Robert Verianto Korwa, S.IP., M.A. dari Universitas Cenderawasih, 2. Siti Asyiah, S.Pd.,M.T  dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan 3. Bayu Eka Yulian, S.P., M.Si dari Institut Pertanian Bogor.

Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Ir. Wisnu S. Soenarso, M.Eng dalam sambutannya menyampaikan bahwa, peserta setelah mengikuti Pelatihan Dasar CPNS di Pusdiklat selanjutnya akan menghadapi pelatihan yang sesungguhnya di dunia nyata yaitu ditempat kerja masing-masing dan di lingkungan masyarakat, Pusdiklat hanya mengantarkan dan membekali peserta dengan kompetensi dasar dan nilai-nilai ANEKA, namun dunia nyata dan masyarakatlah yang akan menempa peserta untuk menjadi ASN yang professional dan benar-benar mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip dan nilai-nilai dasar ASN yang telah dipelajari selama proses pelatihan. Kepala Pusdiklat berpesan agar peserta harus siap dan juga kuat menghadapi dunia yang semakin disruptive ini, dan ketika kembali ke unit kerja masing-masing peserta menyampaikan kepada pimpinan bahwa telah menyelesaikan proses Pelatihan Dasar CPNS dan sebagai ASN professional, siap menjadi agen perubahan. Kepala Pusdiklat juga mengingatkan kepada peserta untuk terus menjaga silaturahmi dengan sesama peserta yang telah terjalin selama proses pelatihan, dan berharap suatu hari nanti dapat melaksanakan kolaborasi riset antar instansi sehingga dapat memperkuat SDM yang ada dan mewujudkan visi misi pemerintah yaitu SDM Unggul Indonesia Maju, karena untuk bertahan di era disrupsi setiap orang harus mampu bekerjasama.

Adapun Siti Asyiah dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sebagai peraih Predikat Terbaik II menyampaikan bahwa selama pelatihan ia merasa pembentukan karakter selama proses pelatihan sangat luar biasa, peserta dilatih untuk disipilin dan saling bertoleransi satu dengan yang lain. Siti merasa mengalami banyak perubahan yang signifikan setelah mengikuti pelatihan dasar di Pusdiklat Kemenristekdikti, mulai dari perubahan kebiasaan, perilaku, dan pola pikir menjadi lebih baik dari sebelumnya, sehingga setelah pelatihan ini Siti yakin bahwa ia dan teman-temannya bisa mengimplementasikan nilai-nilai ASN dalam menjalankan tugas dan kewajiban mereka masing-masing. (Herdiansyah-Humas)