LSP Untirta Optimis Hasilkan Lulusan Kompeten melalui Uji Kompetensi ‘Witness’ oleh BNSP

Diposting pada

Serang — Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) gelar Uji Kompetensi Perdana melalui ‘Workshop Praktik Ujian Kompetensi Mahasiswa’ yang disaksikan langsung oleh Badan Nasional Sertifikasi dan Profesi (BNSP) secara luring bertempat di Ruang Multimedia Gedung Rektorat Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, Sabtu (19/11/2022).

Hadir dalam kesempatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset, Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si., Kepala UPT Pengembangan Bisnis, Kewirausahaan, dan Inkubator Bisnis, Dr. Abdul Fatah, M.Pd., Ketua BNSP, Kunjung Masehat, S.H., M.M., para Dekan dan Wakil Dekan Fakultas, serta Asesi dan Asesor.

Abdul Fatah dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih banyak kepada pimpinan Untirta dan pihak yang terlibat atas dukungan sehingga LSP ini telah mencapai tahap final. Bentuk dukungan tersebut merupakan bukti yang dapat meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas dan tercapai secara maksimal. Sehingga beliau berharap dari peningkatan tersebut bisa menambah skema baru untuk dikembangkan.

“Kita punya 13 skema, namun 6 skema yang akan di ‘witness’. (Maka dari itu) kita masih punya PR untuk witness (terhadap) 7 skema yang lain. Kita berharap ke depan yang dimulai dari 13 skema, bisa menambah skema-skema baru untuk kita kembangkan di tahun 2023,” tambahnya.

Dr. Agus turut menyampaikan rasa terima kasih yang diberikan kepada ketua BNSP yang sudah mengeluarkan lisensi bagi Untirta. Menurutnya juga setelah 6 skema ini, akan ada PR yang lebih besar lagi yaitu mengajukan skema-skema baru. “Nah, jadi itu PR ke depan yang perlu kita ajukan. Sehingga kita banyak menghasilkan lulusan yang memang memiliki kompetensi,” tuturnya.

Menurutnya kompetensi tersebut bisa menjadi pengembangan terhadap Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang dapat dijadikan sebagai bahan penilaian bagi industri-industri bahwa Untirta memiliki lulusan kompeten dengan baik.(DAN/AAP/VDF)