Untirta Jadi Tuan Rumah Lokakarya UI Greenmetric untuk Wilayah Indonesia Bagian Barat di Tahun 2022

Diposting pada

Serang – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) adakan kegiatan ‘Lokakarya UI Greenmetric untuk Wilayah Indonesia Bagian Barat Tahun 2022’. Lokakarya tersebut diadakan di Kampus Sindangsari pada Selasa sampai Rabu 13-14 September 2022. Adapun tema yang diangkat tahun ini yakni, ‘Collective Actions for Transforming Sustainable Universities In The Post-Pandemic Time’ dengan mengundang para pakar Teknik Energi, maupun akademisi lingkungan yang ahli di bidangnnya.

Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., memberikan kata sambutan hangat kepada para peserta dan tamu undangan yang datang ke acara tersebut.

“Yang pertama, atas nama Keluarga Besar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, menyampaikan apresiasi dan mengucapkan selamat datang di Kampus Untirta JAWARA. JAWARA yang dimaksud adalah Jujur Adil Wibawa Amanah Religius dan Akuntabel. Kami juga menyampaikan rasa syukur karena kami akan memasuki usia dies natalis yang ke-41 di Oktober nanti. Rangkaian ini (Lokakarya –red) merupakan salah satu rangkaian menuju Dies Natalis nanti. Saya kira ini bagian permulaan menuju dies natalis nanti,” sambut Prof. Fatah.

Bupati Serang, Hj. Ratu Tatu Chasanah , S.E., M.Ak, yang hadir dalam kesempatan tersebut turut memberi sambutan  dan membuka kegiatan lokakarya.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Serang menyampaikan penghargaan dan mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi Key Note Speaker pada pertemuan ini dengan bapak ibu sekalian para peserta Lokakarya,” sambut Tatu.

Ketua Pelaksana Lokakarya, Heri Haryanto, S.T., M.T., mengungkapkan ada beberapa tujuan diadakannya lokakarya ialah untuk membuat teamwork/kerja tim dari green campus secara menyeluruh dan berbagi pengalaman kepada sivitas akademika.

“Tujuannya adalah bagaimana kita membentuk teamwork, dari green campus bahwa tema untuk kampus yang berkelajutan itu menyebar ke semuanya. Kedua, itu dari teamwork kita sharing pengalaman dari berbagai macam kampus. Ada 6 kategori dari UI Greenmetric itu yang pertama itu sharing tentang Infrastruktur, lalu sharing tentang energi dan pengalaman tentang transportasi, limbah, dan edukasi yang diterapkan di masing-masing kampus,” ungkap Heri.

Hendra Suripto, Peserta lokakarya, memberikan tanggapan positif dan menarik. Menurutnya kegiatan lokakarya ini membantunya dalam hal kelimuan soal UI Greenmetric karena pemateri yang didatangkan begitu kompeten di bidangnya.

“Kegiatan lokakarya ini menurut saya sangat menarik karena melibatkan narasumber yang tepat terkait bagaimana cakupan yang termasuk ke dalam kriteria green campus. Setelah tahu, ternyata sangat bermanfaat sebagai bahan pembelajaran bahwa infrastuktur berperan penting dalam pengelolaan lingkungan yang bersih dan nyaman,” tanggap Hendra.

Perlu diketahui, rangkaian lokakarya tahun 2022 di Untirta ini selain mengadakan talkshow, dan sharing session, Untirta juga mengajak para peserta menanam pohon bersama di lahan yang dimiliki Untirta, yang mana pohon tersebut merupakan kolaborasi Untirta dan  Bank Central Asia (BCA) sebagai bentuk kontribusi mendukung green campus dan program MBKM.(Owe/HI/AAP/VDF)