Studi Lapangan, Peserta Lokakarya UI Greenmetric Kunjungi Bendungan Sindangheula

Diposting pada

­Peserta kegiatan ‘Lokakarya UIGreenmetric untuk Wilayah Indonesia Bagian Barat Tahun 2022’ melakukan kunjungan ke Bendungan Sindangheula, Kabupaten Serang, Rabu (14/9/2022). Di bendungan, para peserta diajak berkeliling dan melihat bagaimana pengurus bendungan melakukan perawatan/konservasi terhadap debit air yang tersedia.

Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., mengatakan, kegiatan kunjungan ini merupakan bagian rangkaian untuk mewujudkan kampus yang Health, Integrated, Smart dan Green University.

“Kita lakukan lokakarya ini, dan berkunjung ke sini untuk mengetahui bagaimana pengelolaannya dan suatu saat bisa menjadi bahan observasi atau penelitian bagi kita sebagai akademisi,” tuturnya.

Sementara Kepala BBWSC3 Banten I Ketut Jayada mengatakan, Bendungan Sindangheula merupakan bagian dari kampus Untirta karena jaraknya yang begitu dekat dengan lokasi kampus.

“Bendungan Sindangheula ini tinggal nyebrang saja ke kampus Untirta jadi bendungan ini merupakan bagian dari halaman kampus juga. Kita memang saling bekerja sama baik itu dari sisi terkait dengan riset, teknik, sosial dan lain-lain,” katanya.

Ketut menambahkan, terkait dengan pengelolaan lingkungan, bendungan ini merupakan salah satu upaya konservasi untuk air baku di Kota Serang, Kota Cilegon sebesar 18 liter perdetik, irigasi Cibanten 1200 Ha, dan lain sebagainya.

“Ada juga fungsi-fungsi lain seperti side efect terkait pariwisata, kami sedang mengkajinya. Mana yang daerah privat dan daerah untuk warga. Satu hal, dengan membangun bendungan kita juga menginvestasi bencana (pengendalian bencana-red),” tuturnya.(TMA/AAP/VDF)

­