Kemenkop UKM dan Untirta Bahas Pemberdayaan Bidang UKM untuk Mahasiswa

Diposting pada

Serang–Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI berkunjung ke Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Sindangsari, Kabupaten Serang, Jumat (1/7/2022). Pada kunjungannya, Kemenkop UKM dengan Untirta membahas program UKM yang nantinya melibatkan para mahasiswa Untirta.

Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., mengatakan, Untirta telah melakukan pemberdayaan SDM di lingkungan kampus dalam peningkatan daya saing termasuk dalam bidan koperasi dan UKM. Menurutnya, Untirta memiliki mindset dari Kemendikbudristek RI terkait standar nasional pendidikan tingkat tinggi dalam bidang terkait.

“Jadi sekarang kita lagi dorong seluruh prodi, seluruh jurusan dan fakultas untuk menyukseskan apa yang dicanangkan oleh pemerintah dan itu sudah dilakukan dari tahun lalu sesuai perundang– undangan SDM sehingga punya daya saing dalam berbagai bidang,” ujarnya optimis.

Sementara itu, Staff Ahli Menteri Hubungan Antar Lembaga, Luhur Pracarto, mengungkapkan maksud Kemenkop UKM datang ke Untirta untuk memberikan arahan kepada peserta pelatihan yang dilaksanakan Deputi Pusat Kinerja Menengah.

“Kami bermaksud untuk memberikan arahan kepada peserta pelatihan yang dilaksanakan oleh Deputi Pusat Kinerja Menengah khususnya di Asisten Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia UKM. Jadi, kita akan berikan arahan agar pelaksanaan pelatihan ini betul – betul bisa efektif dan akan mengubah mindset dari pelatihan tadi,” ungkap Luhur.

Luhur juga menambahkan pertemuan mereka kali ini membahas program magang nantinya, yang merupakan kerjasama antar Kemenkop UKM dengan Untirta.

“Memang ada kerja sama antara Kementrian Koperasi dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ini, soal bagaimana mahasiswa tadi itu ikut dimagangkan di Kementrian Koperasi UKM dan itu jadi juga akan diberikan pendidikan dan wacana-wacana, bagaimana nanti dia (Mahasiswa) bisa jadi pendamping karena UKM – UKM itu perlu pendampingan,” tambah Luhur

Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM Kemenkop UKM, Dwi Andriani Sulityowati membeberkan, bahwasannya program – program UKM pun masih banyak yang belum disosialisasikan ke masyarakat, Universitas, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Karena memang banyak program – program, peraturan – peraturan, yang belum tersosialisasikan ke masyarakat yang ke OPD sendiri belum banyak yang tahu, bahkan Universitas yang lain juga,” beber Dwi.

Dwi juga berharap, dengan adanya kerja sama dan kolaborasi dapat memajukan UMKM serta mengajak para mahasiswa untuk ikut program yang dicenayangkan KemenkopUKM.

“Memang dengan adanya kerja sama ini memang Kementerian Koperasi tidak akan sendirian untuk memajukan UMKM tentu harus berkolaborasi, ini adalah salah satu wujud (kerja sama Kemenkop UKM dengan Untirta-red) antara pemerintah dengan kampus atau perguruan tinggi. Nah, saya berharap dengan ini mengajak adik – adik untuk masuk ke program kami, menjadi pendamping UMKM dan semoga adik – adik juga terinspirasi nantinya,” harap Dwi.(Owe/HI/AAP/VDF)