LPPM Untirta Beri Pembekalan Peserta Mahasiswa KKN Kebangsaaan yang akan ke Palangkaraya

Diposting pada

LPPM Untirta Beri Pembekalan Peserta Mahasiswa KKN Kebangsaaan yang akan ke Palangakraya

Serang- Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Untirta melaksanakan Pembekalan Peserta Mahasiswa KKN Kebangsaaan  dan Bersama Untirta Tahun 2022 yang diikuti oleh 10 orang mahasiwa di Ruang Mutimedia Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, Rabu (29//2022). Kegiatan ini bertema ‘Penerapan Falsafah Huma Betang sebagai Perwujudan NKRI untuk mendukung Pengembangan Lumbung Pangan (Food Estate) Menuju Kemandirian Nasional’.

Ketua LPPM Untirta Dr. Rusmana, Ir., M.P., mengatakan, berterima kasih kepada Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., yang telah memfasilitasi mahasiswa untuk akomodasi pulang dan pergi saat kegiatan dan fasilitasi lainnya.

“Kita juga sedang mempersiapkan proposal kegiatan serupa untuk tahun depan yang kegiatannya menempuh dalam jangka waktu enam bulan. Semoga saja mahasiswa di sana bisa menyerap ilmu dan menjalankan tugas seperti yang sudah diamanahkan,” katanya.

Ketua Koordinator Pelaksana Kegiatan pada LPPM Untirta Dr. Suwaib Amiruddin, M.Si., menuturkan, mahasiswa yang berangkat ini adalah yang terbaik dan mewakili sebagai warga Banten. Kemudian secara nasional menurutnya panitia pusat sudah menyiapkan tema kegiatan seperti yang sudah tersebut di atas.

“Ada sub tema yang harus dijalankan oleh peserta di sana seperti implementasi Iptek dalam mendukung keberhasilan dan keberlanjutan pangan di Kalimantan Tengah, yaitu penguatan sosial budaya dan kearifan lokal, pengelolaan SDA lahan gambut berkelanjutan, kemudian peningkatan kapasitas SDM dan kelembagaan dalam pengembangan desa, penguatan ekonomi dan kesehatan masyarakat pasca Covid-19,” tuturnya.

Rektor Untirta menambahkan, kegiatan ini diharapkan mendorong Untirta untuk menuju kampus BHMN dan peserta diminta untuk menerapkan value JAWARA.

“ harus menghayati nilai JAWARA, dimana value JAWARA adalah Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius dan Akuntabel.  Jadi harus disampaikan hanya dari Untirta tentang keunggulan ini yang bisa di share ke 88 perguruan tinggi ini. Value JAWARA, adalah karakter yang diperas dari tokoh kita, Sultan Ageng Tirtayasa dan Syaekh Nawawi Al-Bantani. Kita tahu Sultan Ageng Tirtayasa adalah sebagai teknokrat ulung di zamannya yang membawa keemasan Banten, seorang insinyur yang andal dan panutan. Sementara  Syaikh Nawawi Al-Bantani adalah tokoh dunia yang dengan ilmunya banyak kitab-kitab yang sudah dihadirkan,” ujarnya.(TMA/AAP/VDF)