Press Release: ‘Training of Trainers English Tutor for Tourism and Hospitality CSR’ PLN

Diposting pada

Serang-Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Untirta bekerja sama dengan English Student Association Untirta dalam menyelenggarakan pelatihan kepada mahasiswa pada hari Sabtu (14/5), di gedung Kampus C, Untirta dan didukung oleh PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN. Kegiatan ini dihadiri oleh 11 peserta yang merupakan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dan nantinya akan diterjunkan langsung menjadi seorang trainer di Kampung Wisata Sukadiri, Serang, Banten.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Untirta, Bapak Rahman Hakim, M.Pd. Dalam sambutannya, Rahman mengapresiasi antusiasme mahasiswa dan berharap agar lebih banyak kegiatan serupa kedepannya. Dilanjut dengan pembekalan materi yang dibedakan menjadi 3 sesi. Materi pertama bertajuk “Teaching Adult Learner” yang disampaikan oleh Dr. Aisyah Hamidiyah. Pada sesi ini peserta dijelaskan mengenai cara, prinsip serta model pembelajaran untuk orang dewasa. Di sesi berikutnya, materi diberikan oleh Dr. Dina Rachmawati dan Yusti Fargianti, M. Pd dengan topik “Materials in Tourism”.

Pemateri telah menyiapkan setidaknya 6 modul materi dan beberapa buku sebagai referensi untuk kemudian dikembangkan oleh mahasiswa ketika mereka mengajar. Mahasiswa pun diberikan kesempatan untuk membuat grup diskusi dan presentasi yang sekaligus menjadi penilaian berikut penyeleksian terkait mahasiswa yang berhak terjun langsung ke Kampung Desa Wisata Sukadiri. Pada sesi ketiga, diberikan materi tentang “Games in Classroom” yang membahas mengenai fungsi dan pentingnya games dalam kelas. Sesi ketiga disampaikan oleh Rosmaria Rima, M.Pd.

Sri Mulyati, salah satu peserta, menuturkan bahwa awalnya ia ragu untuk mengikuti kegiatan ini. Namun, pembawaan pemateri membuat Sri menikmati jalannya acara. “Selain itu, kegiatan ini memberikan banyak manfaat kepada mahasiswa. Terlebih, sebagai mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, menjadi trainer di Kampung Wisata Sukadiri merupakan bentuk pengaplikasian ilmu-ilmu yang sudah kita dapat selama belajar di Kampus,” Sri menambahkan.(FKIP/HI/AAP/VDF)