Pelita Untirta Laksanakan Webinar Pemberdayaan Asosiasi BIPA se-Banten

Diposting pada

Serang-Pusat Layanan Internasional (Pelita) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengadakan webinar dengan tema “Pemberdayaan Asosiasi BIPA se-Banten”. Kegiatan daring ini mengundang Dr. Niknik M. Kurtanto, M.Hum., sebagai pembicara pertama. Beliau adalah praktisi BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) dan pendiri Kampung Bahasa Bloombank dan Dr. Ade Husnul Mawadah, M.Hum., sebagai pembicara kedua. Beliau merupakan Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Untirta.

Webinar ini dilaksanakan menggunakan aplikasi Zoom serta dibuka oleh Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd., sebagai Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri. Total peserta pada kegiatan ini berjumlah 144 peserta yang terdiri dari mahasiswa Untirta, praktisi BIPA universitas-universitas yang ada di Banten serta Dosen Untirta. Tujuan dari kegiatan daring ini bertujuan untuk membagi pengalaman dan ilmu terhadap BIPA dan perkembangannya di Banten.

Niknik di sesi pertama menjelaskan tentang prestasi beliau, bagaimana beliau bisa mendirikan Kampung Bahasa Bloombank dan menerangkan peran serta guru dalam mengajar BIPA itu penting di kelas BIPA.

Sementata Ade dalam sesi kedua memaparkan tentang Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) adalah organisasi profesi yang beranggotakan pengajar BIPA dan pegiat BIPA baik di Indonesia maupun luar Indonesia. Misi utama APPBIPA adalah memartabatkan bahasa Indonesia dan memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia kepada orang asing.(Pelita/HI/AAP/VDF)