Pelepasan Peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik Reguler 1 Untirta Tahun 2022

Diposting pada

SERANG – Hari Rabu (12/01/2022), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat(LPPM) Untirta, Melaksanakan Kegiatan Pelepasan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik Reguler 1 Untirta Tahun 2022, bertema: “Menumbuhkan Kreatifitas dalam Mendorong Kehidupan Sosial Ekonomi Daerah”  yang diresmikan dan di lepas secara simbolis diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si., bertempat di Gedung Auditorium Kampus Untirta Sidangsari Serang Banten. Acara Kegiatan Pelepasan dihadiri pula., Wakil Gubernur Banten  Andika Hazrumy, S.Sos., M.AP,- melalui Virtual(Daring), Prof. Dr. Yeyen Maryani, M.Si. (Sekretaris LPPM & Tim Ahli PUI-PT Untirta), Ketua Panitia KKM Untirta Tahun 2022 Dr. Suwaib Amirudin, M.Si., Kepala UPT. Perpustakaan Untirta H. Udin Hermawan Sutanto, S.H., M..H, para Kepala Prodi,  para dosen Pembimbing KKM-Lapangan, para Korpus Link. LPPM dan para KORWIL, penyelenggaraan acara tetap dengan mematuhi prosedur protokol kesehatan Covid-19 secara tatap muka. Kemudian bagi para undangan atau peserta yang tidak bisa berkesempatan hadir dalam acara tersebut dapat melihat di tayangan  Live On YouTube oleh Untirta_Official.

Pemaparan Laporan Kegiatan KKM Tematik Tahun 2020 Untirta Oleh  Dr. Suwaib Amirudin, M.Si

Dalam sambutannya, Dr. Suwaib Amirudin, M.Si., selain memaparkan beberapa laporan kegiatan KKM pada periode tahun ini disebut KKM Tematik Reguler 1 Untirta dan sangat special karena disituasinya berbeda dari tahun yang lalu berada di era pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia dan pada saat ini masih di era pandemi, dan keinginan kegiatan dilaksanakan secara tatap muka akan tetapi tetap mematuhi Prokes Covid-19, maka pelaksanaan kegiatan KKM lebih banyak melakukan kegiatan baru yang dilakukan secara tatap muka dengan masyarakat, dan diharapkan sering melakukan sosialisi sosial ekonomi, sesuai tema selama ada dilapangan guna mengangkat sosial ekonomi masyarakat daerah sasaran. Kami laporkan bahwa data jumlah peserta KKM Tematik Reguler 1 Untirta tahun 2022, data untuk jumlah kelompok KKM tahun 2022 di sesi pertama ada 100 kelompok sejumlah 202 orang peserta, berikut dari 176 orang pendaftar DPL disaring menjadi 100 orang DPL.

Kemudian kabupaten yang menjadi sasaran KKM di tahun ini ada 3 kabupaten di wilayah Prov. Banten diantaranya Kab. Lebak terdiri 4 kecamatan, Kab. Pandeglang terdiri 4 Kecamatan, dan Kab. Serang terdiri 6 Kecamatan. Perlu diketahui bersama bahwa pelaksanaan KKM akan dilaksanakan mulai pada tanggal 12 Januari dan berakhir pada tanggal 11 Februari tahun 2022. Tema KKM Tahun ini yaitu “Menumbuhkan Kreatifitas dalam Mendorong Kehidupan Sosial Ekonomi Daerah”. Tema ini merupakan tema yang merangkum semua persoalan-persoalan yang akan kita selesaikan ditengah masyarakat melalui KKM Reguler 1 Untirta Tahun 2022 karena  masih dalam era pandemi, yang nantinya akan terbagi dalam 9 sub tema yaitu: Kesehatan, Teknologi, Pendidikan, Pariwisata, Ketahanan Pangan, Lingkungan Hidup, Kebijakan dan Kesadaran Hukum, Ketahanan Ekonomi, dan Kewirausahaan, tema tersebut sebagai acuan dalam pelaksanaan KKM tahun ini karena setelah berkahir pada tanggal 11 Februari 2022 kepada seluruh peserta KKM diwajibkan menghasilkan laporan kerja dilapangan dilaporkan ke DPL, kemudian DPL menghasilkan Borang.  Besar harapan panitia kepada peserta KKM Untirta tahun ini tetap produktif dengan mematuhi protokol kesehatan covid-19 dan tetap tertib, koordinasi dengan baik selama pelaksanaan dilapangan mambawa citra dan nama baik almamater Untirta, Out put kedepannya LPPM dari hasil KKM akan mengadakan seminar loka karya dari hasil-hasil laporan hasil dari KKM tingkat nasional.”tuturnya.

Sekretaris LPPM Prof. Dr. Yeyen Maryani, M.Si.  mengutarakan terimakasih dan selamat semoga sukses dan lancar dalam menjalankan KKM ditahun 2022 yang akan terjun langsung, bertatap muka bersama masyarakat, maka dari itu kepada peserta untuk bisa lebih bersemangat dalam menjalankan KKM dan selalu berkoordinasi dengan DPL. Pesan untuk para peserta untuk selalu menjaga nama baik Untirta sebagaimana pesan Rektor Untirta bahwa Untirta harus bisa menjadi menara Air, tak lupa ucapan selamat jalan, tetap selalu diberikan kesehatan dan semoga sukses-lancar tidak mengalami hambatan dilapangan.”Ujarnya

Dihimbau kepada seluruh peserta KKM Untirta tahun 2022 agar tetap selalu berkoordinasi, informasi, harmonisasi dan dokumentasi(berkolaborasi) bekerjasama dilapangan secara mekanisme yang jelas dengan panduan yang sudah dibekali sampai akhir pelaksanaan, bisa berguna sebagai motivasi dengan hasil yang membanggakan.”(TbMA/AAP/RJ/VDF)

Sambutan Wakil Gubernur Banten H. Andika Hazrumy, S.Sos., M.AP

Menambahkan sambutan Virtual dari Wakil Gubernur Andika Hazrumy untuk Peserta KKM Tematik Reguler 1 Untirta 2022, mengucapkan selamat kepada seluruh Masiswa/I dalam mengikuti KKM Untirta tahun ini dari berbagai program untuk mengaplikasikan langsung ilmu yang didadapat selama dibangku perkuliahan, tak lupa Andika Hazrumy berpesan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan selama menjalankan KKM langsung sebagai upaya dan juga tanggung jawab bersama untuk memutus mata rantai Covid-19, beliau berharap peserta KKM dapat menjalankan program pada bidangnya masing-masing untuk senantiasa menumbuhkan kreatifitas dan mendorong kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang berada didaerah.”pesannya

Sambutan dan Simbolis Pelepasan KKM Oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si.,

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dan pelepasan KKM Tematik Reguler 1 Untirta Tahun 2022 dilakukan secara simbolis diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si., secara ofline atau tatap muka dan ditayangkan langsung oleh Untirta_official melalui YouTube.   Diawal sambutannya bersyukur atas karunia Allah SWT menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada semua peserta KKM semoga  selalu diberikan kesehatan, lancar dan sukses selama  dalam pelaksanaan KKM dilapangan. Pelepasan peserta KKM Tematik Reguler 1 Untirta tahun 2022 diwakili oleh 2 orang peserta mahasiswa dan mahasiswi KKM sebagai simbolis resmi dilepas agar bisa membawa citra dan nama baik Untirta.

Disampaikan pula bahwa kegiatan tahun ini ada sedikit ada kesamaan yaitu KKM tahun ini masih berada ditengah ujian Pandemik Covid-19, maka khusus bagi KKM Untirta tahun ini, dan terbagi dibeberapa daerah/desa yang berada di wilayah Banten.  Besar harapan   Pelaksanaan KKM tahun 2022 kali ini bertujuan untuk bisa memberikan kontribusi pengembangan pembangunan pada  masyarakat di desa atau daerah dengan menunjukan dedikasi , integritas dan selalu menjalankan program-program yang dicanangkan oleh LPPM bisa dilaksanakan dengan baik, tetap selalu mengacu atau memperhatikan Protocol Kesehatan Covid-19.

Hasil Produktif yang diinginkan kita bersama  kepada peserta KKM Tahun ini untuk bisa berkreasi, inovasi dan mengimplementasikan program-program khususnya terkait dengan kesehatan dan perekonomian serta lainnya sebaik mungkin di daerah peserta KKM masing-masing sebagai pengimplementasian terhadap pendidikan yang didapat selama kuliah dan berkontribusi untuk masyarakat di Provinsi Banten.

Kemudian Dr. Agus Sjafari berpesan kepada Peserta KKM Untirta tahun 2022 kali ini untuk menjaga prilaku dan sopan santun yang baik sehingga Citra Untirta di lokasi daerah atau tempat kegiatan KKM Reguler 1 Untirta Tahun 2022 menjadi harum namanya dengan selalu berkoordinasi dengan aparatur desa atau wilayah setempat untuk merancang dan merencanakan  atau merealisasikan program-program kerja sehingga semua program bisa mendapatkan hasil yang baik, dan selalu memberikan solusi dan kontribusinya kepada masyarakat melalui Kuliah Kerja Mahasiswa(KKM) Reguler 1 Untirta tahun 2022.”Tuturnya. (TbMA/RJ/VDF)