PMM Modul Nusantara Untirta Tahun 2022 Resmi di Tutup Peserta Tak Ingin Pulang.

Diposting pada

Serang, (08/01/2021) – Penutupan Pertukaran Mahasiswa Magang Inbound Untirta tahun 2022 secara hybride di ruang Multimedia Rektorat Kampus Untirta Sindangsari, pada kegiatan kali ini dengan diselimuti suasana haru menitikan air mata dari segenap pimpinan sivitas akademika Untirta. Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T, para Wakil Rektor, Ketua LP3m, Ketua LPPM, para Dekan Fakultas, Para Koordinator dan Dosen Modul Nusantara, Panitia PMM Inbound Kemahasiswaan Untirta berikut peserta mahasiswa magang Inbound Untirta dari beberapa perguruan tinggi yang tersebar di wilayah  Nusantara tahun 2022, dan resmi ditutup oleh Rektor Untirta berakhir tgl 10/1/2022 akan dipulangkan ke Perguruan Tinggi  daerah asalnya masing-masing mahasiswa magang modul nusantara dengan rasa berat hati untuk berpisah, semoga dalam pertemuan sementara ini akan tetapi bermakna selamanya.

Yudi Juniardi sebagai ketua panitia melaporkan kegiatan modul nusantara di Untirta yang berlangsung dari awal bulan Agustus hingga bulan Januari dari mulai pemilihan mahasiswa, dosen pembimbing dan sebagainya, dengan mengucapkan rasa syukur bahwa Untirta telah berkontribusi banyak sekali dari apa yang diharapkan, seperti halnya pengalaman pribadi di pertukaran mahasiswa internasional akan tetapi  PMM Untirta sendiri di tingkat nasional, tetapi Untirta menyelenggarakan pelayanannya lebih dari internasional. Kemudian panitia melaporkan jumlah peserta inbound yang ikut ada 123 peserta dan yang luring 79 peserta adapun jumlah pembelajaran peserta Outbound ada 123 peserta, pembelajaran secara daring ada 24 dosen Untirta terpilih secara daring, dan program PMM disini dengan didukung oleh dosen dan mentor-mentor handal dari Untirta yang sangat luar biasa dengan semangatnya, siang dan malam berjibaku dengan peserta untuk menyiapkan segala sesuatunya yang dibutuhkan seperti sarana dan prasarana bagi peserta. Kegiatan PMM modul nusantara alhamdulillah lancar dan sukses luar biasa yang akan di tutup dan diakhiri. Kemudian harapan panitia out put kedepannya peserta yang sekarang nanti bisa menceritakan pengalaman bagi peserta/adik-adiknya yang akan datang di Modul Nusantara pada gelombang berikutnya disetiap daerahnya masing-masing.

Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggarakan modul nusantara yang sekarang, dari mulai Rektor, segenap pimpinan, dosen, Humas Untirta yang selalu mewartakan kegiatan modul nusantara, BUKK, BAKP yang telah dilakukan keluarga besar Untirta sangat besar sekali atas suportnya, dan tak lupa diucapkan terimakasih atas dukungan kepada  pihak pemda dari Provinsi, PemKab. dan Pemkot. di wilayah Banten. Sebagai perwakilan bagi semua peserta tak lupa memohon maaf jika ada prilaku yang tidak berkenan dalam keterbatasan kami selama menjadi peserta mahasiswa modul nusantara karena kepada semua pihak yang terlibat pada penyelenggara kegiatan PMM Modul Nusantara Untirta tahun 2022.”ujarnya

Wakil Rektor bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset, Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si dalam acara penutupan dan pentas seni Pertukaran Mahasiswa Magang Modul Nusantara mengatakan terimakasih dan mengapresiasi kepada semua peserta modul nusantara dan  berikut pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan modul nusantara di gelombang pertama tahun 2021. Pada kegiatan puncak PMM modul nusantara inbound selama 1 semester kegiatan diselenggarakan di Untirta, baik dari awal bulan Agustus sampai dengan bulan Januari kegiatan dilaksanakan secara Hybride diamati dengan baik betul kegiatan selama di Untirta alhamdulillah sangat lancar tidak mengalami kendala. Kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan salah satunya dilakukan secara Hybride, semoga dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan dengan beberapa kunjungan ke tokoh-tokoh, spot-spot situs dan tempat-tempat kebudayaan di wilayah Provinsi Banten, kepada para peserta semoga bisa mendapatkan kesan dan pesan sebagai pengalaman yang baik bagi peserta sehingga setelah selesai atau meninggalkan Untirta nantinya mendapatkan kesan yang baik dan dapat untuk menyampaikan dengan baik hasil-hasil kegiatan atau pengalaman yang didapat bisa menyampaikan dengan baik kepada penerus, adik-adik atau peserta yang akan datang di daerah asalnya masing-masing. Sudah barang tentunya kami segenap pimpinan sivitas akademika Untirta mengucapkan terimakasih kepada dosen dan mentor-mentor Untirta yang sudah mendampingi selama kegiatan modul nusantara layak nantinya akan diberikan sertifikat sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan, semoga dengan diselenggarakannya kegiatan PMM modul nusantara kali ini kita semua bisa mengambil dari segi hal positif yang didapat dengan mendapatkan pengalaman-pengalaman baik sebagai bahan evaluasi dikegiatan yang akan datang.”harapnya.

Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, MT dalam arahannya menyampaikan apresiasi yang tinggi sekaligus mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terkait dan penyelenggara kegiatan Pertukaran Mahasiswa Magang Modul Nusantara Untirta tahun 2022, para Dosen, mentor-mentor berikut peserta/mahasiswa magang modul nusantara dari penjuru tanah air Indonesia. Lebih lanjut Rektor mengatakan akan merasakan kehilangan dengan berakhirnya kegiatan modul nusantara tahun ini, Selain itu rektor juga menegaskan untuk memastikan hasil-hasil dari kegiatan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada pertukaran mahasiswa magang modul nusantara tahun ini, maka bahwa kegiatan ini atau program yang digagas kementerian sekarang, Rektor akan sampaikan kepusat kementerian bahwa kegiatan ini harus dilanjutkan, dengan merasakan getaran-getaran para generasi mahasiswa Indonesia melalui proses seleksi dari kampusnya masing-masing minimal IPK diatas 3. Yakin bahwa Rektor atas raihan peserta PMM modul nusantara nilai yang akan diberikan dosen dan para mentor Untirta akan memberikan nilai terbaiknya (A). Spontan di Sela acara Rektor memberikan pembacaan puisi bagi peserta dengan judul:

“Hati Kita Indonesia”

Kita beragam tapi tak mesti seragam, Bolehlah kita berpisah sejauh jarak dan waktu,

Namun hati kita satu, Bertukar sementara bermakna selamanya.

Siapa kita, Kita Indonesia, Semangat kita Indonesia, Hati kita Indonesia.

Tanah JAWARA, 2022 Januari (Fatah Sulaiman)

Pesan dan harapan kedepannya Rektor menghimbau dan mendoakan untuk semua peserta PMM modul nusantara nanti selamat sampai kembali kerumah, dan setelah kembali kerumah agar mencatat kenangan indahnya dan sampaikan ke generasi berikutnya bahwa nusantara kita harus hormati – NKRI harus kita jaga sampai mati. Kemudian Rektor dengan membaca Alhamdulillah bahwa Pertukaran Mahasiswa Magang Modul Nusantara Untirta tahun 2022 secara simbolis telah resmi ditutup.(tma)