Mahasiswa Fakultas Kedokteran Untirta Jalani Ujian OSCE

Diposting pada

Cilegon (6 Januari 2022) – Fakultas Kedokteran (FK) Untirta melaksanakan kegiatan ujian OSCE bagi para mahasiswa angkatan pertama bertempat di gedung FK Untirta Cilegon lantai 2 dan 3. OSCE merupakan suatu metode untuk menguji kompetensi klinis secara objektif dan terstruktur dalam bentuk putaran station dengan waktu tertentu. Objektif karena semua mahasiswa diuji dengan ujian yang sama dan materinya pun sama.

dr. Baety Adhayati, Sp.F ketua pelaksana ujian osce mengatakan bahwa yang mengikuti ujian ini sebanyak empat puluh sembilan mahasiswa angkatan pertama tahun 2019. “Karena pandemi, jadi kami baru bisa melaksanakan ujian osce ini karena melihat perkembangan covid19”, ujarnya. Ia menambhakan bahwa osce digunakan untuk menilai analisis, pemeriksaan fisik, teknik prosedural tindakan kedokteran sampai ke komunikasi edukasi dan perilaku profesional. “Semua unsur menjadi faktor penilaian, sesuai dengan station, tergantung dengan tahapan yang telah dilewati di semesternya masing-masing”, ungkapnya. Ia juga menjelaskan bahwa ini merupakan ujian osce pertama yang dilaksanakan oleh FK Untirta. Total station sebanyak delapan, station aktif ada enam station dan dua station istirahat. Kegiatan dilaksanakan selama satu hari dan semoga seluruh mahasiswa lulus semua.
dr. Erni Trisnasari, M.Pd ketua prodi pendidikan dokter Untirta menyampaikan bahwa prodi pendidikan dokter Untirta masih diampu oleh UI jadi harapannya lulusan FK Untirta nanti sama standarnya dengan lulusan FK UI. “Ujian ini untuk mengevaluasi keterampilan perilaku klinis sesuai dengan standar yang ada”, ungkapnya. Pemeriksaan klinik memiliki urutan, “Mahasiswa kedokteran harus hafal urutan tersebut sehingga prinsip profesionalisme dapat terus tertanam sebagai seorang dokter”, pungkasnya.