Untirta Deklarasikan Kampus Sehat

Diposting pada

Serang, (22/11/2021) – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menegaskan komitmennya sekaligus mendeklarasikan dirinya sebagai kampus sehat dalam kegiatan Healthy Promoting University, kampus sehat goes to Untirta jawara pada senin (22/11) di ruang multimedia gedung rektorat secara hybrid baik daring maupun luring. Program kampus sehat sebenarnya merupakan program yang diinisiasi oleh Universitas Gajah Mada dalam menciptakan suasana kampus yang layak dan ramah dari segi kesehatan baik secara diri personal maupun lingkungan. Program ini juga tidak hanya memantau dari segi fisik agar hidup sehat tetapi juga sarana dan  prasarananya pun perlu mendapat perhatian dari pihak kampus.

Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Prof. Dr. Ir. H.Fatah Sulaiman,ST.,MT mengatakan bahwa pencanangan Untirta sebagai kampus sehat sejalan dengan visi dan misi untirta sebagai kampus yang terintegrasi smart dan green. Selain itu dirinya mengungkapkan terinspirasi oleh mantan Rektor UGM yang saat ini menjadi mensetneg menjelaskan peran strategis rektor yang tidak hanya mengurus bussiness as Ussual kampus tetapi juga terdapat tanggung jawab moral agar mahasiswa Indonesia menjadi SDM Indonesia yang unggul dan utuh. “Jadi cakap kompetensi kelimuan, memiliki kepribadian akhlak yang mulia, cinta tanah air atau semangat nasionalisme yang tinggi dan yang paling penting sehat jasamani rohani mental spiritual”.ujarnya. Untuk itu masih menurutnya karena SDM Indonesia dituntut demikian maka keadaan lingkungan pun jangan luput dari perhatian.

Sementara itu Ketua Healthy Promoting University (HPU) Untirta Dr.dr. Siti Farida, M.Kes., Ph.D yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Untirta memaparkan laporannya terkait pelaksanaan program pengembangan kampus sehat Untirta. Menurutnya sejak Untirta ikut bergabung dalam program kampus sehat dirinya langsung membuat target kegiatan jangka pendek dalam waktu 1 bulan diantaranya Kegiatan promosi kesehatan dalam bentuk perlombaan berupa poster dan video promosi kesehatan bagi mahasiswa Untirta,  Kegiatan aktivitas fisik dan sosialisasi status kebugaran sivitas akademik, Sosialisasi Kantin sehat, Sosialisasi Kawasan tanpa merokok / bebas asap rokok dan Pembuatan website HPU Untirta. Adapun yang menjadi tujuan dari  pengembagan HPU adalah Untuk mengintegrasikan kesehatan dalam budaya Untirta, berkomitmen terhadap kesehatan dan mengembangkan potensi promosi kesehatan. Untuk mencapai kesehatan yang optimal untuk staf dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan masyarakat luas, untuk terwujudnya kampus sehat Untirta. Di akhir laporannya, Untuk dapat mewujudkan Program tersebut tentu membutuhkan dukungan komitmen yang kuat seluruh civitas akademika mulai dari pimpinan hingga staf dan mahasiswa.

Acara HPU ini selesai pukul 12.00 dengan telah melakukan penandatanganan komitmen para pejabat kampus dalam memwujudkan kampus sehat dan pencanangan gedung rektorat bebas rokok.