Untirta dan PT Asahimas Chemical Sepakati Nota Kesepahaman dalam Rangka Implementasi Kampus Merdeka

Diposting pada

SERANG. Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dalam mendukung kemajuan pendidikan khususnya masyarakat Banten dan Umumnya masyarakat di Indonesia sebagai Pengimplementasi Kampus Merdeka sesuai mandat dari pemerintah, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) sepakat menjalin kerja sama dengan PT ASC, mengenai kemitraan untuk dapat berkolaborasi dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi serta pemberdayaa sumber daya manusia. Penandatanganan naskah Nota Kesepahaman bersama Untirta dan PT ASC pada hari Kamis (28/10/2021) di ruang rapat Rektor lt.4 Gedung Rektorat – Kampus Untirta Sindangsari. Dan pada waktu sebelumnya ditahun 1998, bukan kali pertama kedua belah pihak telah menjalin kerja sama di bidang yang sama. Selain dari PT ASC, Eddy Sutanto – Wakil President Direktur, Much Chanief Y – GM Administration, Daniel Prasetyo – Recruitment Training Manager, Anne – Staff Humans, Dede  – Staff Humas, acara tersebut hadir dari pihak Untirta, Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., Wakil Rektor IV – Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd., Dekan FT-Untirta – Prof. Dr. Ing. Asep Ridwan., S.T., M.T., IPM., Kepala BAKP – Drs. Mochamad Ganiadi, M.M., Ketua LPPM Dr. Rusmana, Ir. MP., Koordinator Bidang Kerjasama dan Humas- Veronika Dian Faradisa, S.E., M.M., Sub Koordinator Bidang Kerjasama – Ratih Purnamasari, S.E., M.Akt., Sub Koordinator Humas & Protokol – Adhitya Angga Pratama, S.I.Kom.

“Saya menyampaikan terima kasih, mengapresiasi dan penghargaan tinggi kepada PT ASC dengan menyepakati Penandatangan Naskah Nota Kesepahaman ini, karena ini bukan kali pertama PT ASC pernah bekerjasama dengan Untirta ditahun 1998. Sebagaimana mengimplementasikan amanah dari pemerintah selaku institusi akademik perguruan tinggi dalam penguatan kolaborasi dengan stakeholder termasuk dengan industri, dalam menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan utuh. Dengan demikian industri adalah bagian yang sangat penting dan strategis dalam penyiapan kolaborasi dari berbagai aspek, baik dari segi kolaborasi riset, pemagangan mahasiswa dan penguatan sinergi fasilitas, dikarenakan Untirta adalah salah satu fasilitas aset Negara, maka bila ada berbagai kegiatan di PT ASC bisa berkoordinasi dengan Untirta. Besar harapan Untirta dalam  kemitraan strategis ini bisa (dilaksanakan) dalam upaya penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi semoga dalam berkolaborasi/bermitra dengan PT ASC bisa memajukan Untirta dalam pendidikan untuk masyarakat Banten khususnya serta masyarakat luas lainnya.” Ungkap Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T.

Much Chanief Y,”memaparkan semoga kolaborasi terus terbina dan membangun bersama-sama sumber daya manusia unggul seutuhnya, yang sudah sejak lama terjalin sejak tahun 1998 bersama Untirta diwilayah Kota Cilegon khususnya dan diwilayah Prov. Banten pada umumnya. Karena PT ASC sementara sejak lama ini memang SDM PT ASC pada umumnya didapatkan dari luar daerah, maka tentu saja ada salah kekurangan SDM dari luar belum tentu betah dan menjadi PR perusahaan dikarenakan PT ASC adalah perusahaan multinasional yang sangat peduli dengan loyalitas SDM. Dan perlu diketahui sampai saat ini di PT ASC daya serap SDM S1 dari Untirta sangat banyak, kemudian lulusan dari Untirta yang masuk kejajaran produk di bidang engineering sudah mulai banyak. Dan artinya kita percaya kepada SDM lokal yang dibina oleh Untirta. PT ASC dan berpengalaman dalam aktivitas sosial kemasyarakatan, baik di lingkungan internal maupun eksternal yang telah lulus proses seleksi berhak menerima program beasiswa tersebut.

Komitmen PT ASC dengan adanya MoU kita berharap lebih serius lagi karena memang mengharapkan kepada Untirta bisa membantu penyediaan SDM yang unggul sesuai moto Untirta (JAWARA), dan tentunya kedepan kita siap berdiskusi secara teknis dengan memberikan keuntungan tidak hanya Visi dan Misi perusahaan, Untirta dan masyarakat di seluruh Indonesia.

Eddy Sutanto menambahkan,”sekian tahun lama berjalannya PT ASC  maka mentargetkan pada saat yang paling tepat untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi untuk membina SDM yang unggul kita diskusi lagi secara teknisnya dilain kesempatan. Besar harapan PT ASC keppada Untirta semoga kerjasama terus berlanjut untuk bersama dengan tujuan yang sama.”ujarnya.(tma)